Dua Komoditi akan Dijadikan Andalan Sektor Ekonomi Buton

  • Bagikan
Pelaksana Tugas Bupati Buton, La Bakry. (Foto: Arsip SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Komoditi jambu mete dan jagung akan diprioritaskan sebagai peningkatan sektor perekonomian oleh Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Keduanya akan disaranai melalui koperasi yang dibentuk guna menampung hasil tani masyarakat, Sabtu (10/6/2017).

Daerah yang dikenal hasil aspalnya ini, mulai mengintensifkan pengelolaan kedua komoditi tersebut sebagai penggerak perekonomian daerah. Apalagi jambu mete dan jagung umumnya dihasilkan selalui hasil pertanian masyarakat setempat.

“Selain makronya tambang aspal, ada juga mikro yaitu dua komoditas masyarakat jambu dan jagung. Kedua komoditas itu hampir setiap kepala keluarga di Buton memiliki itu,” kata Pelaksana Tugas Bupati Buton, La Bakry.

Untuk menunjang keduanya, pemerintah kabupaten akan memperkuat di sarana koperasi melalui koordinasi sejumlah kepala daerah sebagai lokasi penampungan hasil panen.

Dilansir dari agro.kemenperin.go.id (10/6/2017), Kementerian Pertanian RI mengeluarkan kebijakan pembatasan impor jagung tahun 2017. Tidak hanya membatasi impor jagung, namun menutup penuh keran impor jagung 0 persen. Kemtan mempertimbangkan produksi jagung lokal telah mencukupi kebutuhan perusahaan pakan ternak selaku importir tetap. Namun perlu mempertimbangkan stok dan kondisi jagung dalam negeri.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan