SULTRAKINI.COM: KENDARI - Dua kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat jatah program alokasi transmigrasi. Dua lokasi yang dicanangkan sebagai target penempatan warga trasmigran, diantaranya Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Dua Lokasi Transmigrasi Baru di Sultra Siap Ditempati
Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Sultra, Saemu Alwi. (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Sultra, Saemu Alwi mengatakan program transmigrasi ini diusulkan oleh daerah di Sultra yang dinyatakan telah memenuhi syarat oleh Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

"Pelaksanaan transmigrasi ini akan dilaksanakan pada Desember 2017. Jumlah penempatan warga transmigrasi di Kabupaten Konawe 100 kepala keluarga dilaksanakan pada awal Desember. Sedangkan Kabupaten Koltim  75 kepala keluarga diMinggu ketiga bulan Desember 2017," ujar Saemu, Minggu (29/10/2017).

"Penempatan warga transmigran untuk Kabupaten Konawe terletak di Desa Parudongga, Kecamatan Routa. Sedangkan Koltim di Desa Laona, Kecamatan Uesi. Sistem penempatannya para transmigran berpola 50:50, yakni warga lokal dan warga asal yang akan menjadi transmigran," terangnya.

Sementara itu persiapan sarana dan prasarana lokasi transmigrasi telah siap untuk ditempati.

"Rumah bantuan untuk warga transmigrasi sudah selesai. Namun masih ada sebagian lahan yang masih perlu dirampungkan lagi," jelas Saemu.


Laporan: Wayan Sukanta

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations