Dua Pasien Covid-19 RS Palagimata Meninggal Dunia Dimakamkan Sesuai Protokol Kesehatan

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Dua pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata Kota Baubau dinyatakan meniggal dunia pada Jumat, 27 November 2020.

Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Kedua pasien tersebut kata Lukman, masing-masing MN wanita usia 70 tahun merupakan pesien menderita penyakit gula dan gagal jantung dinyatakan meninggal dunia pada Jumat malam, 26 November 2020.

Sedangkan pasien kedua KNN wanita usia 61 tahun merupakan pasien rujukkan ke RSUD sejak Kamis 26 November 2020 dengan keluhan sakit bagian dada, kondisi lemas,dan nafsu makan. KNN dinyatakan meninggal dunia pada Jumat pagi, 27 November 2020.

Lukman mengatakan, sampel swab dari kedua pasien telah diambil dan dikirim ke lab sejak bulan September lalu dan hasilnya positif berdasarkan uji tes cepat molekuler (TCM).

“Swab tes MN dilakukan pada 17 September 2020 dan inisial K hasil TCM positif Covid-19 diuji pada 27 September 2020,” ungkap Lukman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Muslimin Hibali, mengatakan pihaknya yang tergabung sebagai tim evakuasi khusus pemakaman jenazah telah menguburkan sesuai prosedur dan protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan oleh tim evakuasi sebanyak 10 orang tim Satgas.

Pemakaman pertama telah dilakukan sore tadi di pemakaman khusus Covid-19 di Kilo Meter 6, Wakonti, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau. Sementara jenazah asal Ngkaring-ngkaring direncanakan akan dimakamkan pada Sabtu, 28 November 2020.

“Pemakaman tadi sekitar jam 4 sore, yang satu belum dikebumikan karena menunggu keluarganya dari Denpasar besok,” katanya

Lanjut Muslimin, langkah tersebut dilakukan berdasarkan keputusan dan koordinasi bersama keluarga pasien.

“Jadi kami hanya melakukan proses pemakaman saja,” tutupnya. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.