Festival Pesona Budaya Tua Buton

Dua Paslon Absen di Pleno Penetapan Pemenang Pilkada Konawe

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe menetapkan pemenang di Pilkada Konawe, Minggu (12/8/2018). Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara resmi sebagai pemenang.

Acara tersebut seyogyanya dihadiri sejumlah pasangan calon yang bertarung di Pilkada Konawe. Namun hanya tiga kandidat yang sempat hadir. Mereka adalah Gusli yang merupakan merupakan wakil dari Kery dan pasangan H. Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra (Ira-AJP).

Dua kandidat lainnya, tampaknya memilih absen di acara penetapan bupati dan wakil Bupati Konawe terpilih itu. Mereka adalah pasangan Muliati Saiman-Mansur (Musim) dan pasangan H. Litanto dan Hj. Murni Tombili (Berlian Murni).

Meski demikian, acara tetap berlangsung lancar meski tak keluar dari jadwal yang ditetapkan. Ketua KPUD Konawe, Muh. Azwar membacakan langsung penetapan hasil Pilkada Konawe.

Usai pembacakan penetapan, Azwar yang didampingi dua komisioner lainnya, Andang dan Armanto juga turut menyerahkan berita acara pleno kepada Ketua Tim Pemenangan Kery-Gusli. Penyerahan dokumen yang sama juga diberikan kepada kandidat pemenang yang diterima Gusli.

“Dengan ini, prosesi tahapan Pilkada Konawe telah selesai. Selanjutnya, diserahkan ke pemerintah untuk mempersiapkan prosesi pelantikan,” jelas Azwar.

Sebagaimana diketahui, hasil Pilkada Konawe dimenangkan pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara dengan mengoleksi kemenangan hingga 49,85 persen. Di urutan kedua di susul pasangan Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra dengan perolehan dukungan 27,65 persen. Di urutan ketiga di tempati pasangan H. Litanto dan Hj Murni Tombili dengan perolehan 20,7 persen. Dan diurutan keempat ditempati pasangan Muliati Saiman dan Mansur dengan perolehan 2,23 persen.

Laporan: Mas Jaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.