Dua Pelabuhan di Butur Diperjuangkan Dapat APBN

SULTRAKINI.COM: BUTUR – Anggota DPR RI, Umar Arsal, berjanji akan memperjuangkan pembangunan infrastruktur dasar di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dananya bersumber dari APBN. Misalnya, pengembangan pelabuhan niaga La Sora dan Wa Ode Buri serta peningkatan status poros Maligano-Ronta dan Labuan-Wa Ode Buri.

 

Pernyataan ini diungkap Umar Arsal saat meninjau dermaga La Sora dan Wa Ode Buri Kabupaten Buton Utara (Butur), Senin (11/4/2016).

 

Menurutnya, pembangunan pelabuhan La Sora sudah berjalan dan selesai. Kedepan, termasuk pelabuhan La Sora dan Wa Ode Buri, kapal feri serta kapal cepat akan melayani Ereke-Buranga. Sehingga jarak tempuhnya semakin cepat karena dipangkas separuh perjalanan.

 

\”Dan semua ini saya minta kepada bupati dilaporkan. Kebetulan kita sudah masuk pembahasan APBNP 2016. Mudah-mudahan semua bisa masuk,\” kata Umar Arsal kepada sejumlah awak media, Senin (11/4/2016).

 

Bukan hanya pelabuhan ini, lanjutnya, tapi program-program lainnya pun, seperti rumah tidak layak huni dan irigasi akan ditinjau, serta program yang berkaitan dengan mitra Komisi V DPR RI.

 

Untuk jalan nasional poros Labuan-Maligano sudah mantap dan mulus. Saat ini yang diperjuangkan poros Maligano-Ronta dan Labuan-Wa Ode Buri untuk ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan strategi nasional. Sehingga seluruh dananya bersumber dari APBN.

yamaha

 

\”Biar nanti APBD-nya provinsi dan kabupaten untuk membenahi jalan-jalan antar desa dan kecamatan,\” tandas legislator Demokrat ini.

 

Ia menambahkan, siap memperjuangkan perluasan areal parkir pelabuhan feri Labuan-Amolengo melalui dana APBN. Termasuk pelabuhan niaga La Sora dan Wa Ode Buri dikembangkan. Sehingga peti kemas berukuran mini bisa diturunkan di dermaga tersebut.

 

Umar Arsal optimis, di tangan bupati Abu Hasan, Kabupaten Butur akan maju dan berkembang pesat dalam kurun waktu lima tahun. \”Saya yakin, Pak Abu akan mampuh membawa daerah ini lebih baik,\” tuntasnya.

 

Sekedar diketahui, pembangunan jalan strategi nasional Labuan-Maligano tak lepas dari peran anggota DPR RI tersebut. Dimana ketika tahun 2012 lalu, Umar Arsal ditemani anggota DPRD Butur Dapil III, Muliadin Salenda meninjau langsung kondisi jalan yang saat itu masih dipenuhi kubangan lumpur.

 

Umar Arsal sampai beberapa kali turun dari mobil karena sulitnya medan. Apalagi jalan tersebut hanya bisa dilalui pada musim tertentu saja. Kini cerita itu tinggal meninggalkan kenangan \”manis,\” sebab poros tersebut sudah ditaburi aspal hotmix.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.