Dua Warga Wakatobi Reaktif Virus akan Menjalani Tes Swab

  • Bagikan
Petugas kesehatan melakukan rapid test kepada eks penumpang KM Lambelu di Kapota, Wakatobi. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Usai hasil rapid test menunjukan reaktif virus atau IgG reaktif, kini dua orang warga Desa Liya Bahari Indah, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi akan menjalani pemeriksaan Swab.

Kaka beradik IgG reaktif menjalani isolasi mandiri difasilitas yang disiapkan pemerintah daerah dan pemerintah desa, yaitu di SDN 1 Liya.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wakatobi, Muliaddin, mengatakan alat pengambilan dan pengiriman sampel Swab tenggorok, yakni Virus Transporter Media (VTM) sebanyak 22 set tiba di Wakatobi.

“Jadi tinggal menunggu konfirmasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra untuk penentuan waktu pengambilan sampel Swab tonggoroknya, karena hal ini harus konek dengan jadwal alat transportasi/angkutan untuk mengirim sampel tersebut,” jelas Muliaddin, Rabu (29/4/2020).

Setelah dilakukan pengambilan sampel Swab, sampel tersebut akan dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan di Makassar untuk pemeriksaan lanjutannya.

“Kalau sudah diambil sampelnya, kita akan bawa langsung ke Kendari agar dikirim menggunakan pesawat kargo ke Makassar,” ucapnya.

Iapun belum mengetahui pasti kapan hasil swab-nya bisa keluar karena masih akan menunggu jadwal pesawat kargo menuju Makassar.

“Biasanya setelah tiba di Balai Laboratorium Kesehatan Makassar, dua minggu baru bisa ditahu hasilnya,” tambahnya.

(Baca: Tinjau Warganya Reaktif Virus, Bupati Wakatobi Minta Petugas Berikan Makanan Bernutrisi Hingga Jaga)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan