Duduk Lama di Kantor, Terapkan Hal ini Agar Tubuh Tetap Sehat

  • Bagikan
Duduk Lama di Kantor, Terapkan Hal ini Agar Tubuh Tetap Sehat. Foto: nationalgeographic.grid.id
Duduk Lama di Kantor, Terapkan Hal ini Agar Tubuh Tetap Sehat. Foto: nationalgeographic.grid.id

SULTRAKINI.COM: Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan banyak waktu dengan duduk di depan komputer. Pekerjaan di kantor membuat kita duduk sepanjang hari dan membuat tubuh menjadi kaku dan nyeri.

Ketika duduk berjam-jam setiap hari, mungkin terlihat wajar-wajar saja. Namun sayangnya, ini adalah sebuah masalah besar dan berbahaya. Sama seperti alkohol, ternyata duduk juga bisa membuat orang kecanduan. Meski berisiko bagi kesehatan tubuh, kondisi ini tak terhindarkan.

Dilansir dari TIME, ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi jika duduk setiap hari berjam-jam lamanya. Makanan tersebut diantaranya. Kelompok buah berry, kacang-kacangan, buah nanas, minyak zaitun, kunyit, bawang putih, teh hijau, alpukat, ikan laut, flax seed (biji rami).

Bukan hanya meningkatkan inflamasi (peradangan) dalam tubuh, duduk sepanjang hari juga membuat tubuh lebih sering lapar, menimbulkan tekanan darah tinggi dan gula darah naik.

Tidak hanya dengan makanan, mengatasi nyeri setelah duduk seharian bisa dilakukan dengan beberapa trik berikut untuk membantu tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, seperti yang dilansir top10homeremedies.com.

1. Yoga
Berlatih yoga akan membantu lebih sehat dan segar setelah seharian duduk. Manfaat yoga selain mengatasi stres karena pekerjaan, juga membantu agar terhindar dari tekanan dan membuat tubuh menjadi lebih fresh. Meskipun duduk seharian karena bekerja.

2. Berjalan Kaki
Sempatkan untuk berjalan kaki setelah beberapa jam duduk di kursi kerja. Dengan berjalan dapat membantu melancarkan peredaran darah. Berjalan kaki selama 10 menit setelah 3 jam duduk sangat baik untuk tubuh.

3. Gerakkan Tubuh
Melakukan gerakan tubuh dengan ringan dapat membantu merenggangkan otot karena tegang terlalu lama duduk. Tahukah kita, duduk terlalu lama dapat menyebabkan punggung sakit dan tekanan darah tinggi, Rutin melakukan gerakan ringan untuk merenggangkan otot sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4. Koreksi Posisi Duduk
Seringkali kita tidak menyadari cara duduk yang benar sehingga menyebabkan punggung terlalu sakit. Hindari duduk terlalu membungkuk, yang dapat menyebabkan punggung menjadi sakit dan nyeri.

Selain cara di atas, saat duduk terlalu lama usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti, minum air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi. Sesibuk apapun kita jangan lupa untuk menjaga kesehatan sebab, tanpa menjaga kesehatan pekerjaan seringan apapun tidak akan diselesaikan.

Sumber: Liputan6.com dan Vemale.com

Penulis: Hariati

  • Bagikan