SUARA

Dugaan Pelanggaran ITE lagi, Tie Saranani akan Dilaporkan ke Polisi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara akan melaporkan pemilih akun Tie Saranani atas dugaan melakukan pencemaran nama baik.

Dugaan yang disebutkan MPM UHO, yakni mengunggah status di media sosial Facebook bertuliskan ‘Ini kita maklumi krn REKTOR YG KOMEN, REKTOR ijazah Plagiat..’. Atas dasar itu, pihaknya menjadwalkan pelaporan dugaan pelanggaran UU ITE tersebut ke Polda Sultra pada Senin, 9 April 2018.

Ketua MPM UHO, Laode Inta mengatakan unggahan status pemilik akun Tie Saranani di salah satu grup Facebook tanpa dasar. Mereka menyakini, Rektor UHO bernama Muh. Zamrun tidak melakukan plagiat.

“Pernyataan Tie Saranani merupakan sebuah retorika yang asbun (asal bunyi) dan penuh kebencian yang diisi dengan tuduhan-tuduhan tidak berdasar. Padahal kita ketahui pada 14 Juli 2017 Menristek Dikti melalui tim investigasi dugaan plagiasi karya ilmiah telah mengadakan investigasi dan menyimpulkan karya Rektor UHO (Muh. Zamrun) tidak termasuk kategori tindak plagiarisasi,” katanya kepada SultraKini.Com, Minggu (8/4/2018).

yamaha

Dirinya juga berharap, laporannya nanti segera diusut pihak kepolisian. Serta kasus serupa tidak terulang dikemudian hari.

“Harapannya kasus inisecepatnya diproses secara hukum,” tambahnya.

Informasi dihimpun SultraKini.Com, nama akun Tie saranani sebelumnya pernah tercatat di Polda Sultra atas kasus yang sama, yaitu dugaan melanggar UU ITE atas unggahannya di akun media sosial. Misalnya, pemilik akun Tie Saranani diamankan penyidik Subdit Direktorat Kriminal Khusus Polda Sultra terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap La Ode Rahmat yang ketika itu menjadi Panwaslu Bombana pada November 2016. Kemudian laporan Ketua KPU Sultra, Hidayatullah ke polisi dengan dugaan dan nama akun yang sama sedang ditangani kepolisian hingga kini.

 

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.