SUARA

Dukcapil Koltim Bakal Buat Program Desa Akte Kelahiran

SULTRAKINI.COM : KOLAKA TIMUR- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Kolaka Timur, Anwar Hamzah, berinisiatif mencanangkan program Desa Akta Kelahiran. Hal ini terkait dengan keluhan Masyrakat di beberapa wilayah, khususnya daerah yang aksesnya jauh dari jangkauan kandaraan.

Program tersebut saat ini mulai digagas. Nantinya, ada suatu Desa yang penduduknya memiliki Akta Kelahiran. ”Semua memiliki Akta Kelahiran, dimulai dari anak kecil, dewasa hingga orang tua. semua akan kami buatkan Akta Kelahiran,”katanya, Sabtu (30/07/2016).

yamaha

Saat ini pihaknya baru menyusun program tersebut. Sebelumnya, dia akan mengkomunikasikan pada Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah. ”Kalau disepakati, mungkin tahun depan sudah mulai kami jalankan. Kami tetap mengkonsultasikan pada pimpinan, sebab program ini butuh anggaran besar,'”bebernya.

Mengingat Pembuatan Akta Kelahiran saat ini Gratis, Sehingga kata dia sangat butuh anggaran lumayan besar untuk pembelian kertas dan lainya. Ia memastikan jika apa yang telah diprogramkan ini terealisasi, maka Koltim bisa mendapatkan rekor muri. Sebab, hingga saat ini belum ada kabupaten yang menggagas dan melakukan program demikian.

Ditanya Desa apa yang bakalan dijadikannya Desa Akta Kelahiran, dirinya menjawab diplomatis ” Nantilah kalo sudah disepakati sama pimpinan. Yang jelasnya sudah ada desa yang bakalan kami jadikan Desa Akta Kelahiran dan wilayahnya sangat terpencil. Dijelaskannya, untuk desa desa lainya, akan dikunjungi satu persatu. Sebab, dirinya menargetkan agar dua tahun yang akan datang masyarakat tidak lagi punya alasan untuk tidak memberikan peluang putra putri penerus bangsa putus sekolah akibat tidak memiliki akta kelahiran,”tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.