Iklan Clarion

Duta Bahasa Sultra Perpanjangan Tangan Program Kantor Bahasa Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Duta Bahasa Sulawesi Tenggara merupakan perpanjangan tangan dari Kantor Bahasa Sultra, dalam upaya pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra, khususnya kepada generasi muda. Hal tersebut searah dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Duta Bahasa Sultra dan kegiatan prioritas Kantor Bahasa Sultra.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan, menerangkan 30 finalis dalam Pemilihan Duta Bahasa Sultra 2019 menjadi bagian dari keluarga Kantor Bahasa Sultra. Salah satu angenda akan dilakukan bersama, yaitu bekerja sama melaksanakan Hari Pendidikan Nasional pada 25-29 April 2019.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Selain itu, juara satu pada pemilihan tersebut mewakili Sultra di Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional di Jakarta pada Agustus mendatang.

“Seluruh finalis duta bahasa nasional akan mengikuti upacara 17 Agustus di istana negara. Para finalis juga akan berkunjung ke Gedung Kemendikbud di Jakarta,” jelas Sandra pada malam penobatan Duta Bahasa Sultra, Senin (15/4/2019).

Sandra menjelaskan, jumlah pendaftar Duta Bahasa Sultra mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut sebagaimana upaya Kantor Bahasa mengevaluasi dan meningkatkan kriteria penilaian Duta Bahasa Nasional.

Termasuk pembuatan proposal kegiatan yang diselaraskan dengan program prioritas Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (sejak Januari 2019) yang sebelumnya bernama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Sultra 2019, Nurmiyanti menambahkan pendaftar Pemilihan Duta Bahasa Sultra 2019 berjumlah 162 orang. Namun sebanyak 30 orang terpilih setelah melalui tahapan seleksi untuk mengikuti karantina.

“Bagi kami, kalian sudah menjadi juara (finalis), menjadi bagian dari 30 finalis dan menyingkirkan ratusan pendaftar lain adalah hal yang patut kalian banggakan,” ucap Nurmiyanti.

(Baca: Finalis Duta Bahasa Sultra 2019 Dikarantina)

Duta Bahasa Sultra 2019 yang terpilih, secara otomatis menggantikan posisi Duta Bahasa Sultra 2018 dan akan menjabat selama satu tahun. Termasuk, melaksanakan semua program yang dirancang sebagaimana kegiatan prioritas Kantor Bahasa Sultra, yakni pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra di Sultra. (Adv)

(Baca: Duta Bahasa Sultra 2019 Berasal dari Kendari)

Laporan: Intan Juwita
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.