SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Operasi Zebra yang dilaksanakan Korps Lalu Lintas (Korlantas) mulai 1 November lalu hingga 14 November mendatang, menimbulkan efek yang sangat luar biasa bagi masyarakat Buton Tengah (Buteng) khususnya di Kecamatan Mawasangka.

Efek Operasi Zebra, Masyarakat Mawasangka Borongi Kantor Lurah Watolo
Suasana Aula Kantor Lurah Watolo yang dipadati warga yang membuat SIM (Foto: Ali Tidar / SULTRAKINI.COM)

Ratusan masyarakat mendatangi Kantor Lurah Watolo, tempat dimana Korlantas Baubau membuka pembuatan SIM keliling sejak kemarin (06/11/2017) yang akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.

Brigadir Muhammad Ridwan saat ditemui SULTRAKINI.COM mengatakan langkah tersebut dilakukan, sebab masih banyaknya masyarakat Buteng yang belum memiliki SIM.

"Mungkin disebabkan kurangnya kesadaran atau minimnya pengetahuan terhadap kelengkapan berkendara," katanya saat dikonfirmaai di Aula Kantor Lurah Watolo, Selasa (7/11/2017).

Ridwan mengaku, sebelumnya pembuatan SIM keliling ini tidak terlalu banyak peminatnya, bahkan dianggap tidak terlalu penting oleh masyarakat. Namun dengan adanya Operasi Zebra, masyarakat sadar akan pentingnya kelengkapan suarat-surat berkendara.

Senada dengan hal itu, Lurah Watolo Imanuddin mengatakan salah satu faktor membludaknya pembuatan SIM karena adanya Operasi Zebra. Oleh karena itu, pihaknya bersyukur dengan adanya Operasi Zebra. Selain untuk mengekang banyaknya pengendara anak-anak, juga membangun kesadaran masyarakat agar mematuhi aturan yang sebenarnya.

"Saya takut pakai motor, karena tidak memiliki SIM, dan pajak motorku juga sudah mati. Makanya saya tidak bawa. Saya datang buat SIM disini supaya aman juga kita jalan-jalan," beber salah satu warga yang antri membuat SIM di Kantor Lurah Watolo.


Laporan : Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations