Ekonomi Kota Kendari, Tumbuh Diatas Angka Nasional

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai Kota yang tengah berkembang, pertumbuhan ekonomi Kota Kendari terus bergerak naik. Berdasarkan data pemkot, rata-rata pertumbuhan ekonomi Kota kendari berada di angka 8 persen. Capaian ini bahkan lebih tinggi dari persentase pertumbuhan ekonomi nasional di angka 5 dan 6 persen.

 

Walikota Kendari, Asrun mengungkapkan, dengan pertumbuhan tersebut, turut mempengaruhi pertumbuhan sektor lain di berbagai bidang.

 

\”Umumnya masyarakat Kota Kendari telah hidup diatas garis kemiskinan tidak lagi dibawah garis kemiskinan,\”ujar Asrun gedung di DPRD Kota Kendari beberapa waktu lalu

 

Selain itu, sesuai program dalam pemerintahannya, beberapa diantaranya telah telah dicanangkan seperti green smart city yang secara bertahap dilaksanakan untuk menuju livable city atau Kota Layak Huni.

 

Menurutnya, meskipun banyak tantangan dan hambatan dalam mewujudkan program green smart city ini, namun jajaran pemerintahannya tidak patah arang, melainkan bersemangat dalam mewujudkannya.

 

Tak hanya itu, dalam mewujudkan Kota kendari yang layak huni, ia juga mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana publik lainnya. Utamanya yang searah dengan kegiatan ekonomi masyarakat, seperti pasar, rumah sakit, dan pusat-pusat kegiatan masyarakat lainnya, termasuk taman kota.

 

Lanjut Asrun, ditinjau dari aspek peningkatan derajat kesehatan masyarakat, angka harapan hidup penduduk kota Kendari mencapai 72 tahun, atau diatas angka rata-rata harapan hidup nasional yakni sebesar 69 tahun. Ini menadakankan bahwa prilaku hidup bersih dan sehat telah rata-rata dipahami dan dilakukan oleh masyarakat Kota Kendari.

 

\”Pemkot juga terus mengupayakan langkah-langkah strategis dalam menangani masalah kemiskinan dan pengangguran tersebut baik melalui program yang diluncurkan pemerintah pusat seperti, P2KP, PNPM, KUR, KUBE,\” imbuhnya.

 

Hal senada diungkapkan, Ketua DPRD Kota Kendari, Abd Rasak, memasuki usia Kota Kendari yang mendekati 2 abad, harus bisa menjadi sebuah kota yang kondusif dan nyaman bagi penghuninya. Selain itu, diharapkannya Kota Kendari menjadi kota yang bebas banjir, bersih setiap hari, hijau, serta kota yang berbudaya dan religius dengan angka kriminal yang minim.

 

\”Mari kita bahu-membahu bekerja keras demi kota Kendari tercinta, agar menjadi kota yang mampu menjadi tumpuan harapan hidup ratusan ribu penduduk yang hidup didalamnya,\” ujar Abd Rasak.

 

Mendukung Kinerja Pemkot, DPRD Kota Kendari senantiasa berupaya untuk melaksanakan fungsinya dengan baik. Diantaranya melalui pembentukan perda, bersama pemkot kendari.

 

\”Bukti sinergisnya, hubungan DPRD dengan pemkot Kendari, dalam 1 tahun, telah dihasilkan 11 buah perda. Pada tahun 2016 ini akan diagendakan sebanyak 27 perda, dengan 22 raperda berasal dari hak inisiatif DPRD dan 5 raperda berasal dari usul Pemkot Kendari,\” tutupnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.