SUARA

Eks-tambang Galian C di Wakatobi Bakal Disulap Jadi Tempat Wisata

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi akan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI untuk merevitalisasi eks-tambang galian C yang ada di pulau Wangi-wangi menjadi tempat wisata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi, Jaemuna menjelaskan hal ini dilakukan selain dapat mengendalikan pencemaran di eks-tambang galian C, juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Untuk tujuan itu, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup bersama konsultannya telah melihat secara langsung lokasi eks-tambang galian C, guna tindakan lebih lanjut.

“Konsultannya sudah turun tinjau lokasi dan kemungkinan besar desainya akan dijadikan sebagai tempat wisata. Tapi kita semua tergantung dari konsultan Kementerian,” kata Jaemuna, Senin (12/2/2018).

yamaha

Namun, dari tujuh titik eks-tambang galian C yang diidentifikasi, semuanya masih terkendala dipersoalan pembebasan lahan. 

“Kami masih cari solusi terbaiknya dengan pemilik lahan. Kalau milik pribadi, tawarannya jika sudah direvitalisasi, pemilik lahan awal bisa menjadi pengelolah (penjual, red)  di lokasi tersebut. Namun kalau tanah Sarah (adat) tidak terlalu susah kita cari solusinya, karena ini untuk kepentingan umat,” ungkap Jaemuna.

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.