Pilkada koltim

Empat Calon Siap jadi Ketua Kwarnas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu agenda pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pramuka X di Kendari adalah pemilihan ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) periode 2018-2023. Ada calon yang bersedia untuk memimpin gerakan pramuka selama lima tahun ke depan, yakni Kak Adhyaksa Dault, Kak Yana, Kak Budi Waseso dan Kak Susi Yulianti.

Ketua Panitia Pusat Munas X, Kodrat Pramudho, menuturkan sebenarnya ada 11 orang yang diusulkan menjadi ketua kwarnas, namun hanya tujuh orang yang menyatakan kesediaannya. Kemudian, dari tujuh orang itu hanya lima yang memenuhi persyaratan. Sementara dua lainnya, belum memenuhi persyaratan hingga ditutup tanggal 30 Agustus 2018.

“Kemudian, lima yang memenuhi persyaratan, satu orang yang mengundurkan diri, yakni Kak Dede Yusuf, karena lebih konsentrasi menjadi Caleg. Olehnya itu, tersisa empat orang yang akan memperebutkan 35 suara yang terdiri dari 34 suara kwarda provinsi dan satu suara kwarnas,” ungkapnya, kepada SultraKini.com, Selasa (25/09/2018).

Pilkada

Dia menambahkan, syarat untuk calon ketua Kwarnas meliputi lima tahun terakhir aktif di pramuka, tidak sedang menjabat jabatan publik. Kemudian bersedia dicalonkan sebagai ketua Kwarnas dan menyampaikan gagasan untuk lima tahun ke depan. Tidak berpartai politik karena pramuka harus netral. “Kita pramuka perekat NKRI harus berdiri dan mengayomi semua golongan, etnis dan agama,” ujarnya.

Wakil Ketua Kwarnas, Bidang Organisasi dan Hukum itu, mengingatkan, jika pemilihan ketua Kwarnas yang baru hanya merupakan salah satu agenda Munas. Agenda lain yang tidak penting adalah pembahasan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART).

“Selain itu, kami juga membahas program strategis serta arah kebijakan pramuka ke depan. Agenda terakhir adalah pemilihan ketua Kwarnas periode 2018-2023,” tutupnya.

Laporan: M Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.