Empat Desa Bakal Dijadikan Lokasi Tangguh Bencana di Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton rencanakan bentuk desa tangguh bencana di empat desa dari 97 desa/kelurahan tahun 2017. Destana disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Dipilihnya lokasi itu karena keempat desa sering terjadi bencana banjir dan gelombang pasang. Lokasi rencana destana berada di Desa Mambulugo dan Desa Wakalambe, Kecamatan Kapontori. Selanjutnya Desa/Kelurahan Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo serta Desa Balimo, Kecamatan Lasalimu Selatan.

“Seperti di Kelurahan Pasarwajo itu sering terjadi gelombang pasang, begitu juga Desa Balimo. Sedangkan Desa Wakalambe dan Mambulugo sering terjadi banjir,” jelas Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Buton, Risal Jalil, Kamis (18/5/2017).

Meski belum dipastikan peresmian keempat lokasi destana, Risal memastikan destana terbentuk tahun ini. “Kita masih menunggu instruksi resmi dari BNPB pusat. Saat ini kami juga masih merampungkan berkas yang berkaitan dengan kegiatan tersebut,” jelasnya.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.