SUARA

Empat Paslon Buton Selatan Resmi Punya Nomor Urut

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan periode 2017-2022 resmi memiliki nomor urut. Hal ini dikatakan Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton Selatan, Ari Ashari Apriadi, melalui whatshapp-nya, Selasa (25/10/2016) siang.

Proses pencabutan nomor, kata Ari, melalui dua tahap. Tahap pertama merupakan pencabutan nomor urut untuk mencabut nomor pasangan calon. Penentuan yang pertama melakukan pencabutan nomor pada tahap satu ini didasarkan pada pasangan calon yang pertama hadir di lokasi kegiatan. 

“Dikarenakan pasangan Agus Feisal Hidayat-La Ode Arusani merupakan yang pertama tiba di lokasi maka mereka yang lebih dulu mencabut nomor urut pencabutan nomor pasangan calon. Selanjutnya berturut-turut pasangan Agus Salim-La Ode Agus, Muhammad Faisal-Wa Ode Hasnawati, dan terakhir Sattar-Yasin Welson mencabut nomor urut,” terang Ari.

yamaha

Agus Feisal Hidayat-La Ode Arusani, kata Ari, akhirnya mendapat urutan keempat untuk melakukan pencabutan nomor pasangan calon. Lalu Agus Salim-La Ode Agus mengantongi urutan pertama. Disusul Muhammad Faisal-Wa Ode Hasnawati diurutan kedua. Sedangkan diurutan ketiga otomatis dipegang Sattar-Yasin Welson.

Ari melanjutkan, dari hasil pencabutan nomor di tahap kedua, pasangan Sattar-Yasin Welson mendapat nomor 1. Lalu pasangan Muhammad Faisal-Wa Ode Hasnawati memperoleh nomor 2. Kemudian pasangan Agus Feisal Hidayat-La Ode Arusani mengemas nomor 3. Sedangkan pasangan Agus Salim-La Ode Agus mengamankan nomor 4.

Dengan selesainya proses pencabutan nomor pasangan calon ini, kata Ari, maka untuk tahapan pencalonan telah selesai. “Setelah ini kita akan fokus ke pemutakhiran data pemilih di tingkat kabupaten dan persiapan kampanye,” tandasnya.

Sekadar untuk diketahui, terdapat tiga pasangan calon di Pilkada Buton Selatan yang berasal dari partai politik dan satu pasangan calon nonpartai atau independen. Ketiga pasangan calon yang menggunakan jalur partai yakni, Agus Feisal Hidayat-La Ode Arusani yang didukung Partai Golkar (1 kursi), PDIP (1 kursi), PKS (2 kursi), Partai Demokrat (2 kursi) dengan total 6 kursi partai. Lalu pasangan calon Muhammad Faisal-Wa Ode Hasnawati yang didukung Partai Nasdem (2 kursi), Partai Hanura (2 kursi), dan Gerindra, PKPI, PBB, serta PKB (masing-masing 1 kursi) sehingga total 8 kursi partai. Sedangkan pasangan calon Sattar-Yasin Welson hanya mendapat dukungan dari PAN (5 kursi), tetapi sudah mencukupkannya untuk memenuhi syarat dukungan partai. Sementara pasangan calon Agus Salim-La Ode Agus yang merupakan calon nonpartai mendapatkan dukungan KTP sebanyak 6.094 orang dari yang disyaratkan minimal 5.834 KTP. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.