Enam Buah Disebutkan Dalam Al Quran Ini Berkhasiat Bagi Kesehatan

  • Bagikan
Enam Buah Disebutkan Dalam Al Quran Ini Berkhasiat Bagi Kesehatan ( Foto:VroukeBlog.com)
Enam Buah Disebutkan Dalam Al Quran Ini Berkhasiat Bagi Kesehatan ( Foto:VroukeBlog.com)

SULTRAKINI.COM: Buah adalah salah satu asupan makanan bernutrisi bagi hidup. Berbagai varian buah ada di dunia. Buah-buah tersebut tersebar di berbagai daerah. Ada yang endemik dan ada juga yang banyak ditemukan di berbagai tempat.

Ada beberapa jenis buah yang disebutkan dalam Al Quran secara spesifik, masing-masing memiliki khasiat berbeda, utamanya bagi kesehatan. Dalam sejumlah ayat, beberapa jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi karena baik bagi tubuh. Berikut buah yang disebutkan dalam Quran beserta khasiatnya menurut kajian ilmu pengetahuan modern.

1. Buah Kurma

Buah yang tumbuh dari sejenis palem ini termasuk salah satu yang paling banyak disebut di dalam Al Quran. Beberapa surat di mana nama buah ini bisa ditemukan adalah Surat Maryam, Surah Al-Hasyr, Surah Al-Baqarah, dan Surah Qaaf.

Kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Dalam Surah Ar-Rad [13]: 4

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Buah kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada jiwa.

Dilansir dari Healthline, kurma kaya akan serat dan antioksidan. Flavonoid di dalamnya ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Karotenoid bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah gangguan penglihatan.

Sementara phenolic acid akan membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Kurma juga membantu menguatkan tulang serta alternatif pemanis yang lebih sehat dari pada gula.

Selain manfaat kesehatan, kurma juga berkhasiat untuk kecantikan. Dilansir dari StyleCraze, kandungan vitamin A dan vitamin B5 di dalamnya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut hingga usia senja.

2. Buah Tin

Buah tin atau ara hanya disebut sekali di dalam Al Quran, yaitu di Surah At-Tiin. Beberapa ahli tafsir berpendapat kalau tin yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah buah tin, karena disebutkan dalam satu kalimat dengan zaitun. Namun ada juga yang meyakini kalau yang dimaksud adalah Bukit Tin dan Bukit Zaitun di mana Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Isa a.s. menerima wahyu.

Terlepas dari kontroversi penafsirannya, buah tin merupakan bahan makanan yang kaya gizi. Buah tin rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi di 2005 membuktikan bahwa tin memiliki antioksidan super. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.

Buah tin baik untuk penderita diabetes, karena dapat menyeimbangkan kandungan asam lemak dan vitamin E di dalam darah. Buah ini bermanfaat dalam membantu pengobatan penyakit kulit, seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

3. Buah Pisang

Buah yang disebutkan dalam Al Quran berikutnya adalah pisang. Pisang tercantum dalam firman Allah SWT dalam Surah Al-Waqiah. Buah ini dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik.

Meskipun kandungan gulanya tinggi, pisang juga mengandung serat larut pektin yang bertugas menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan memperlancar pencernaan. Kalium dan magnesiumnya baik untuk kesehatan jantung.

Pisang kaya akan antioksidan penting seperti dopamine dan catechin. Mineral dan karbohidrat baik di dalam pisang baik untuk para atlet. Magnesiumnya juga baik bagi kesehatan ginjal.

4. Buah Anggur

Buah anggur disebutkan hingga 14 kali di dalam Al Quran. Salah satunya di Surah Al-Mu’minun. Dilansir dari Healthy Site, anggur dipenuhi oleh polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Seperti yang disebutkan dalam Surah Al-Muminun [23] : 19

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan.”

Antioksi dan myricetin dan quercetin di dalam anggur menjadikan buah ini efektif mencegah kanker. Lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah penyakit mata akibat usia.

Anggur juga berfungsi menguatkan organ jantung, berfaedah dalam menyembuhkan bronchitis dan batuk, serta meningkatkan kecantikan kulit karena anggur dapat membersihkan darah.

5. Buah Zaitun

Zaitun merupakan buah berwarna hijau gelap yang biasa diolah menjadi minyak nabati termasuk salah satu buah yang disebutkan dalam Al Quran. Beberapa yang menyebutkan buah ini adalah Surah An-Nuur, Surah Al-An’aam, Surah An-Nahl, Surah Al-Muminuun, dan Surah ‘Abasa

Buah zaitun yang berwarna hitam sudah matang merupakan salah satu sumber vitamin E dan antioksidan terbaik. Menurut hasil penelitian, buah ini baik untuk jantung. Hydroxytyrosol berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Oleonalic acid mencegah kerusakan hati, mengatur kadar lemak dalam darah, dan mengurangi inflamasi. Sementara quercetin menurunkan tekanan darah.

Zat besi di dalam zaitun penting untuk kelancaran sirkulasi oksigen di dalam darah. Kandungan di dalam zaitun juga bisa melindungi tulang dari osteoporosis, dan memiliki efek antikanker pula.

6. Buah Delima

Buah delima atau pomegranate disebutkan di dalam Surah Al-An’am 99 bersama kurma, zaitun, dan anggur. Buah ini tergolong jarang dikonsumsi karena cairan maupun daging buahnya hanya sedikit. Padahal kandungan nutrisinya sangat bagus untuk tubuh.

Delima memiliki antioksidan punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau. Bisa mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe dua, obesitas, dan Alzheimer.

Antioksidan di dalam buah delima mampu menghindarkan risiko kanker prostat, kanker payudara, arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi.

Sumber: Merdeka.com

Laporan: Wa Ode Rahmah Maulidya Wuna

  • Bagikan