Enam Calon Taruna Akpol Polda Sultra Siap Tes Seleksi Pusat

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Usai mengikuti rangkaian tes tahapan calon Taruna Akademi Kepolisian, panitia Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara memutuskan enam orang calon lulus dan akan diberangkatkan untuk mengikuti tes selanjutnya di Semarang, Jawa Tengah.

Dari tahapan awal pendaftaran secara online sebanyak 137 peserta di Polda Sultra. Namun dalam rangkaian ujian tes hingga tahap sidang akhir sebanyak 8 orang yang tersisa. Dan kembali dilakukan ranking nilai hasil ujian tahapan tes yang menyisahkan enam orang.

“Kuota nasional pengiriman Akpol nasional sebanyak 360 orang dan yang bakal diterima 275 orang. Untuk seleksi pusat di Akpol calon Taruna mengikuti tes dari awal lagi,” terang Kepala Biro SDM Polda Sultra, Kombes Pol Nurworo Danang usai sidang tahapan akhir seleksi calon Taruna Akpol panitia daerah Polda Sultra di aula Dachara, Minggu 18 Juni 2017. 

Kuota penerimaan Taruna Akpol berdasarkan anggaran yang tersedia dari Mabes Polri, Polda Sultra hanya mengimplementasikan arahan Kapolri untuk menjawab kepercayaan masyarakat yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter). 

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menegaskan nilai peserta calon taruna akpol yang dinyatakan lulus seleksi merupakan serangkaian nilai akhir yang dihitung secara transparan dan akuntabel melalui pengawas eksternal dan internal pada saat seleksi. 

“Kita bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Sepanjang dinamika seleksi nggak ada yang menghadap Kapolda, karena langsung tidak lulus,” kata Brigjen Andap Budhi. 

Kepada peserta yang belum beruntung, Brigjen Andap Budhi berpesan  jangan pernah putus asa dan masih ada harapan untuk mencoba lagi dan mohon doa restu dari orangtua. 

“Yang udah lulus persiapkan diri untuk tes di tingkat pusat. Jangan terlalu euforia, banyak jalan menuju kita celaka. Jangan lupa berdoa. Mohon doa restu dari bapa ibu,” ujarnya.

Laporan: Rian Adriansyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.