Expo HUT Konawe Ke-60 Resmi Dibuka

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Raut wajah Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa begitu semringah. Ia merasa tersanjung atas perhatian Gubernur Sultra Ali Mazi dan jajaran Forkompimda Sultra yang menyempatkan diri hadir dalam pembukaan Konawe Expo ke-60 di Bumi Perkemahan Sulemandara kecamatan Pondidaha Sabtu (29/2/2020).

Bupati Konawe mengatakan, di usia Konawe yang lebih dari setengah abad, kabupaten Konawe harus semakin jaya dan mampu bersaing dengan daerah lain yang ada di Sultra.

“Kita harus terdepan. Tidak usah banyak berdebat, mari sama-sama kita majukan tanah Konawe yang kita cintai ini,” ujar Kery Saiful Konggoasa, saat membawakan sambutan pembukaan Konawe Expo ke-60.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menyebut, untuk menggenjot perekonomian, Pemkab Konawe terus berupaya menggaet investor untuk masuk di Konawe. Selain dalam rangka mendukung kemajuan sektor ekonomi, menurut Kery, hadirnya pemilik modal juga bakal membuka banyak lapangan kerja di Konawe.

“Kalau semua orang sudah kerja, pasti angka kriminalitas juga berkurang. Alhamdulillah, saat ini hal itu mulai terwujud. Buktinya, sekarang jarang pencurian terjadi di Konawe,” kelakarnya.

Fortune

Di momen HUT Konawe ke-60 ini, Bupati Kery punya satu harapan. Ia ingin, semua warga Konawe bisa tercukupi kebutuhan pangannya, cerdas dan sehat. Ia juga meminta doa kepada segenap masyarakat, agar bisa amanah bersama Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara dalam menjalankan roda pemerintahan di bumi leluhur tanah kerinduan Konawe.

“Saya dan pak wakil selaku berpikir dan bekerja untuk kebaikan masyarakat Konawe. Semoga Konawe semakin jaya. Dan, terima kasih atas kehadiran Gubernur Sultra Ali Mazi dan jajaran Forkompimda di tanah Konawe,” ucap Ketua Harian DPW PAN Sultra itu.

Sementara itu, di tempat yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi, menuturkan pihaknya akan terus memberikan dukungan untuk Konawe, terutama pada tiga sektor program andalan Konawe yakni sejuta ekor sapi, satu juta ton beras, dan seribu kolam.

“Letak Konawe yang strategis dan letak geografis Konawe yang terdapat di tengah-tengah daratan Sultra, di topang dengan kekayaan alam yang kompleks dan beragam, masyarakat denga etos kerja yang tinggi, saya berharap apa yang ada saat ini bisa di jaga dengan baik. Konawe adalah lumbung pangan Sultra, maka kita harus kawal bersama agar tidak saja menjadi central pangan provinsi tetapi juga nasional,” tuturnya.

Ditambahknnya, selain terkenal akan lumbung padinya, Konawe juga dikenal akan budaya dan adat Suku Tolaki yang mesti dijaga.

“Kita harus melestarikan Kebudayaan tolaki, kabupaten konawe adalah wonuano kalosara. Kita harus mnjaga agar budaya dan adat istiadat tolaki agar tidak punah dan tidak ditinggalkan oleh generasi muda,” ajaknya. (Adv)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.