Expo&Workshop Kewirausahaan Sultra, Dorong Pertumbuhan UMKM

Posisi dan peran Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diyakini mampu tumbuh dan bertahan dalam situasi ekonomi terus didorong berbagai pihak. Salah satunya melalui Expo dan Workshop Dinas Koperasi UMKM Sultra bekerja sama dengan Aliansi Perempuan Sultra didukung Dekranasda Sultra yang diselenggarakan di area Eks MTQ Kota Kendari, Selasa (20/4/2021).

Sekretaris Daerah Sultra, Nur Endang Abbas yang membuka kegiatan tersebut meyakinkan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan UKM di Sultra. Ditambah bonus demografi melimpahnya penduduk yang berusia produktif saat ini.

“Dukungan program dan kegiatan sudah dilakukan, karenanya saya berharap kegiatan-kegiatan kolaboratif yang melibatkan lembaga lain semacam ini terus dilakukan sebagai wujud kemitraan sangat baik,” harap Nur Endang.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Sultra, Boy Ihwansyah mengapresiasi respon positif diberikan oleh para pengusaha muda dan juga dinas-dinas di daerah dalam mendukung kegiatan tersebut. Dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut, diundang perwakilan UKM dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Expo&Workshop Kewirausahaan Sultra. (Foto: Dok.ALPEN Sultra)

Sementara penyelenggara kegiatan, Direktur Aliansi Perempuan Sultra, Sarifain mengatakan kegiatan semacam ini masih sangat dibutuhkan dilakukan secara berkelanjutan, karena untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang sehat, negara sedikitnya membutuhkan 2 persen penduduk yang berprofesi sebagai wirausaha.

“Sulawesi Tenggara saat ini posisinya masih di angka 0,21 persen dari total jumlah penduduk yang ada, karenanya kami sangat berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membangkitkan UKM kita,” jelasnya.

Selain expo, juga dilakukan workshop yang menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya pengusaha muda wanita asal Kota Kendari, Sasmita Sugiardi yang membagikan kisah-kisah inspirasi usahanya kepada para peserta. Kepala Dinas Koperasi UMKM Sultra juga memberikan materi dalam kegiatan workshop.

Kemeriahan kegiatan juga ditambah dengan digelarnya pertandingan E-Sport yang diikuti sedikitnya 150 orang peserta yang datang dari Kota Kendari dan sekitarnya.

Penulis: AS Amir

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.