Iklan Clarion

Fakta Debat Kedua Pilpres RI Minggu Malam Ini

SULTRAKINI.COM: Debat kedua pemilihan presiden RI dilangsungkan pada Minggu, 17 Februari 2019 pukul 20.00 WIB. Kali ini, debat hanya mempertemukan calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) dan nomor urut 2 Prabowo Subianto. Lokasi debat di salah satu hotel di Jakarta.

Terdapat enam segmen dipersiapan dalam debat kedua yang disiarkan di empat stasiun televisi, yakni RCTI, JTV, MNC TV, dan iNews TV. Tema yang diangkat, berupa energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup, dan sumber daya alam.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Segmen pertama, diisi penyampaian visi dan misi dari masing-masing capres terkait tema debat.

“Agar debat ini mampu mengirimkan pesan apa program visi misi dari masing-masing pasangan calon karena sesungguhnya itulah tujuan utama dari kegiatan kampanye dalam bentuk debat antar capres,” jelas Ketua KPU, Arief Budiman di Jakarta, Jumat (15/2/2019) dilansir dari CNNIndonesia.

Kemudian penggalian visi dan misi menyangkut tema energi, pangan, dan infrastruktur. Moderator secara bergantian akan melemparkan pertanyaan kepada para capres, juga keduanya akan saling menanggapi. Pertanyaan nantinya dibacakan moderator yang mana pertanyaan itu dari para panelis. Segmen ini diterapkan juga ke segmen ketiga dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pertanyaan dari panelis bersifat rahasia, tak seperti debat pertama di Januari lalu.

Segmen keempat merupakan debat eksploratif atau tarung bebas. Artinya, Jokowi dan Prabowo akan beradu gagasan dengan alokasi waktu 16 menit. Debat di segmen ini membahas satu tema yang dipilih acak oleh Ketua KPU, Arief Budiman. Tema dimuat dalam bentuk video singkat yang dibuat oleh panelis debat.

Segmen kelima adalah debat inspiratif. Tahap ini masing-masing capres memungkinkan untuk bertanya dengan waktu 1 menit (pertanyaan) dan menjawab 2 menit.

Segmen keenam diisi dengan menyampaikan pernyataan tertutup (closing statement).

Dari berbagai sumber
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.