Fakta Seputar Hiu Paus, Ikan Terbesar di Dunia yang Jinak

SULTRAKINI.COM: Meski namanya Hiu Paus, hewan ini tetap dikategorikan hiu, bukan paus. Banyak versi nama untuk menyebut Rhincodon typus ini, misalnya geger lintang dan hiu tutul. Inilah sejumlah fakta seputar Hiu Paus.

  1. Termasuk ikan terbesar di dunia

Hiu Paus termasuk spesies ikan terbesar yang masih hidup di dunia. Sebab, tubuhnya yang berukuran besar. Ukuran rata-rata hewan dewasa diperkirakan sekitar 9,7 meter dan beratnya 9 ton. Spesimen terbesar yang dapat diverifikasi adalah yang tertangkap pada 11 November 1947 di Karachi, Pakistan. Panjangnya sekitar 12,65 meter, beratnya lebih dari 21,5 ton, dan lingkar badannya hingga 18 meter.

(Baca juga: Hiu Paus Terdampar di Kendari Panjangnya 3,2 Meter, Berikut Fakta Lainnya)

Hiu Paus juga dikenal ramah dengan manusia atau jinak. Hiu Paus muda sebenarnya cukup lembut dan dapat diajak bermain-main oleh para penyelam. Berenang dengan lamban, ikan ini acap dijumpai penyelam di banyak lokasi penyelaman di wilayah tropis, termasuk di Thailand, Maladewa, Filipina, Taiwan, Indonesia, Pulau Christmas, Sri Lanka dan lain-lain

Umumnya, warna tubuh Hiu Paus keabu-abuan dengan perut putih, tiga gigir memanjang terdapat di masing-masing sisi tubuhnya. Serta lukisan bintik-bintik dan garis kuning keputih-putihan yang membentuk pola kotak-kotak.
Pola bintik-bintik yang mengesankan seperti taburan bintang-itu bersifat khas untuk masing-masing individu dan acap kali digunakan dalam perhitungan populasi.

Kulitnya juga hingga setebal 10 sentimeter (3,9 in). Sirip punggung dan sirip dada masing-masing sepasang. Pada hewan muda, sirip ekornya lebih panjang yang sebelah atas; sementara pada hewan dewasa sirip ini lebih berbentuk bulan sabit.

  1. Pemakan plankton

Meski memiliki tubuh yang besar, Hiu Paus adalah pemakan pankton, krill, larva kepiting pantai, makro alga, serta hewan-hewan kecil nektonik, seperti cumi-cumi atau vertebrata kecil.

Cara hiu ini makan, yakni dengan menyaring air laut untuk memperoleh mangsanya, sehingga ia perlu membuka mulutnya sebesar mungkin. Bahkan ukuran besarnya hingga selebar 1,5 meter dan berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil.

Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar.

  1. Hidup hingga 70 tahun

Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat. Bahkan, ikan ini dapat hidup hinga usia 70 tahun. Spesies satu ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.

  1. Menyukai iklim tropis

Hiu Paus menghuni lautan tropika dan ugahari yang bersuhu hangat. Ikan ini dikenal berpindah setiap musim semi ke wilayah paparan benua di pesisir Australia barat.

Meskipun biasanya hidup menjelajah di tengah samudera luas, secara musiman terlihat adanya kelompok-kelompok Hiu Paus yang mencari makanan di sekitar pesisir benua, seperti di Australia barat itu; di Afrika Selatan (pantai selatan dan timur); Belize; Filipina; India; Indonesia; Honduras; Madagaskar; Meksiko; Mozambik; Tanzania; serta Zanzibar. Tidak jarang ikan-ikan ini terlihat memasuki laguna atau atol, atau mendekati estuaria (muara sungai).

Wilayah jelajahnya pada umumnya tidak melewati lintang 30°, utara maupun selatan. Hiu Paus ini diketahui mampu menyelam hingga kedalaman 1,286 meter (4,219 ft) dan tergolong ikan yang bermigrasi.

Sumber: Wikipedia
Laporan: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.