Februari, Pemkot Kendari Gelar STQ Tingkat Kota

  • Bagikan
Rapat persiapan STQ tingkat Kota Kendari, Kamis (31/1/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Rapat persiapan STQ tingkat Kota Kendari, Kamis (31/1/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari mulai mempersiapkan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) melalui rapat bersama jajaran panitia dan Pemerintah Kota di Aula Pola, Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (31/1/2019). Langkah Pemkot ini agar mendapatkan peserta terbaik yang mewakili Kota Kendari.

STQ Kendari merupakan ajang mempersiapkan qari-qariah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassirah, dan muhaddits-muhadditsah untuk mewakili daerah di tingkat provinsi.

“STQ adalah kegiatan pemuliaan yang dilakukan berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional. Lomba STQ menjadi kompetisi menyiapkan bibit unggul perwakilan Kota Kendari,” jelas Kepala Bagian Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf.

Mantan Sekretaris Camat Baruga tersebut, mengatakan melalui STQ, para peserta lomba mendapatkan peningkatan wawasan dan keterampilan dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu Al Quran dan berdakwah.

Pelaksanaan STQ dijadwalkan pada 13-16 Februari mendatang. Lokasi pelaksanaannya, yakni lapangan upacara Kantor Wali Kota Kendari, Aula Bertakwa dan Ruang Pola kantor wali kota, Masjid Baitul Rahim Kantor DPRD Sultra, dan aula Kantor Kemenag Kota Kendari.

Lima cabang lomba akan dilangsungkan dengan mempertemukan perwakilan peserta dari setiap kecamatan. Lomba tersebut, antara lain tilawah, Hifdzil Al Quran, tafsir Al Quran golongan bahasa arab, musabaqah menghafal hadis, pawai taruf yang diikuti seluruh kelurahan di Kota Kendari.

“Kalau pawai taaruf, start-nya di Masjid Raya Alkutsar Kendari yang akan diikuti kurang lebih 2.000 peserta dari 65 kelurahan dan 11 kecamatan se-Kota Kendari. Kafilah kecamatan masing-masing diwakili camat dan lurah sampai akhir acara pembukaan,” terang Rauf.

Pemkot berharap, kegiatan tersebut melahirkan bibit-bibit qari-qariah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassirah, dan muhaddits-muhadditsah unggul dan mewakili Kendari di tingkat provinsi hingga nasional.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan