Pilkada koltim

Festival Budaya Tua Buton 2017: Peradaban nan Mempesona

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sejarah Kesultanan Buton tak bisa dipisahkan dengan kabupaten yang kaya akan aspal ini. Sebagai salah satu kabupaten di jazirah Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton sejak terbentuknya tidak terlepas dari histori kejayaan Kesultanan Buton yang diakui eksistensinya sebagai salah satu kerajaaan yang demokratis dan kaya akan ragam budaya.

Pada tahun 1950-an, bersama seluruh kesultanan di Indonesia bagian Timur menyatakan bergabung dengan NKRI. Kemudian pada awal tahun 1960-an, Provinsi Sulawesi Tenggara berpisah dari induknya, Sulawesi Selatan. Sebagai daerah eks kerajaan dan kesultanan, berbagai tradisi dan budaya tumbuh yang terus terpelihara dalam pola perilaku kehidupan bermasyarakat diseluruh wilayah Kabupaten Buton. Berbagai tradisi dan budaya tersebut diselenggarakan oleh individu, kelompok, dan masyarakat secara berkesinambungan.

Seiring perkembangannya, pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Buton menginisiasi untuk menyelenggarakan tradisi dan budaya tersebut dalam bentuk event yang disebut Festival Budaya Tua Buton. Festival ini mulai diselenggarakan sejak tahun 2013 dan berturut-turut setiap tahun sampai sekarang kelima kalinya.

Surunudin

Penyelenggaraan Festival Budaya Tua Buton adalah refleksi kegiatan budaya yang menjadi panutan terintegrasi baik dalam kehidupan individu maupun kemasyarakataan dan telah diwariskan secara turun temurun hingga kini.

Disebut Festival Budaya Tua Buton karena berkenaan dengan terbentuknya Kerajaan Buton abad  ke 12, setelah itu beralih ke abad 15 pada masa Kesultanan yang menggambarkan kehidupan manusia di Buton telah memiliki budaya tersendiri dan terpelihara secara berkesinambungan yang telah menjadi pedoman hidup masyarakat sampai saat ini. Untuk menghindari hilangnya identitas kebudayaan Buton terhadap generasi muda, maka pemerintah Kabupaten Buton menyelenggarakan kegiatan kebudayaan secara massal.

Plt Bupati Buton La Bakry ketika diwawancarai usai pembukaan Buton Expo sebagai rangkaian Festival Budaya Tua Buton ke-5 tahun 2017, Kamis (17/8/2017) mengatakan, even kali ini pihaknya menampilkan beberapa kegiatan budaya diantaranya sebagai berikut:

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.