Gaji 14 PNS di Muna Segera Dibayarkan, Honorer “Gigit Jari”

  • Bagikan
Kepala Bidang Anggaran BPKAD Muna, Laode Abdul Salam
Kepala Bidang Anggaran BPKAD Muna, Laode Abdul Salam

SULTRAKINI.COM : MUNA – Terhitung 4 Juni 2018 Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan anggaran sekitar Rp24 miliar untuk pembayaran gaji 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) kapada Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Anggaran BPKAD Muna, Laode Abdul Salam. Kata dia, selain THR yang akan dibayarkan kepada 5.737 PNS, Pemkab Muna juga menyiapkan anggaran sebesar Rp. 1 miliar untuk pembayaran THR bagi 30 anggota DPRD Muna.

“THR sudah bisa dicairkan hari ini (4/6/2018), tergantung pengusulan dari setiap SKPD saja. THR dan gaji 13 dibayarkan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tapi tidak dibayarkan satu kali, untuk gaji 13 akan dibayarkan di bulan Juli,” kata Laode Abdul Salam kepada SultraKini.com saat ditemui diruang kerjanya, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, APBD dua tahun lalu berbeda dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri RI 2018 tentang pemberian THR dan gaji 13, sebab hanya berdasarkan pada gaji pokok saja, namun apapun yang menjadi kekurangan Pemkab Muna tetap perhitungkan.

“Betul, memang berbeda tapi yang kedua itu ada akris pada saat penyusunan gaji. Tanpa anggaran ataupun kurang dalam pagu wajib dibayarkan bagaimanapun caranya. karena DAU peruntukkan utamanya adalah untuk pembayaran gaji, jadi kurangnya diawal tetap dibayarkan, nanti disesuaikan diakhir,” jelasnya.

Berbeda dengan para PNS, pembayaran THR bagi para tenaga Honorer tidak jelas dalam aturannya, sebab tidak masuk dalam anggaran APBD.

“Tidak sesuai dengan surat edaran (SE) MenPAN RB tidak ada didalam PMK nya yang dibolehkan hanya di Kementerian lembaga itupun sudah dipastikan honorer calon PNS yang diberikan THR, tapi pemerintah daerah tidak ada. Tapi di Kementrian Lembaga pun sudah merinci tidak semua THR diberikan pada honorer,” tutupnya.

Laporan: Arto Rasyid
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan