SULTRAKINI.COM: KENDARI - Dalam rangka melatih kemampuan menulis dan membaca anak usia dini, kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar perlombaan literasi anak tingkat sekolah dasar sederajat mulai 19-21 Oktober 2017.

Gali Potensi Diri Sejak Dini, Siswa SD Ikut Lomba Literasi
Suasana lomba literasi yang diikuti para siswa tingkatan SD sederajat di kantor Bahasa Sultra. (Foto: Mita/SULTRAKINI.COM)

Kegiatan yang diperlombakan meliputi menulis puisi, baca puisi, menulis teks narasi, dan mendongeng. Dengan tujuan untuk melatih kemampuan para siswa tingkat SD memahami potensi diri yang mereka miliki.

Perlombaan ini pun mendapat antusias dari para siswa walaupun terbilang perdana dilaksanakan. Tercatat jumlah diikuti 210 siswa dari 20 sekolah tingkat SD sederajat di Kota Kendari. Misalnya, SDN 1 Poasia, SDN 4 Poasia, dan SDN 08 Mandonga.

"Untuk hari kedua, akan berlangsung lomba baca puisi dan mendongeng dengan jumlah peserta 50 orang. Sedangkan hari ketiga dilaksanakan pengumuman juara sekaligus pemberian hadiah,” jelas Ketua Panitia Lomba Literasi Kantor Bahasa Sultra, Dwi Pratiwi, Kamis (19/10/2017).

Ditanggapi Salah Seorang Peserta dari SDN Pelangi, Adrew, dirinya mengaku senang bisa terlibat diajang tersebut. Selain mendapat teman baru dia juga bisa melatih kemampuannya dalam menulis. "Saya sangat senang dengan adanya lomba ini, karena saya bisa menulis puisi tentang keluarga,” kata Adrew di lokasi perlombaan.


Laporan: Mita&Maliana Abbas

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations