SULTRAKINI.COM: Sebagian orang pernah merasa lelah meskipun telah tidur atau beristirahat dengan cukup. Riset dari Royal College of Psychiatrists di Inggris menyebutkan, setidaknya 1 dari 5 orang merasa sangat lelah pada suatu waktu dan 1 di antara 10 orang mengalaminya dalam periode berkepanjangan.
Gampang Kelelahan? Ini Pemicunya..
Ilustrasi (Foto: Thinkstockphotos)

Kondisi tersebut dapat menyebabkan frustasi, terutama karena merasa sudah menjalani "syarat" untuk tubuh bugar, seperti tidur cukup.  Namun, ada banyak faktor gaya hidup yang akan mempengaruhi tingkat kelelahan selain durasi tidur.

Dr Petra Simic, Direktur Klinis dari Bupa Health Clinics, mengatakan bahwa penyebab kelelahan yang tak biasa juga dipicu oleh gaya hidup. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Konsumsi kafein berlebih

Meskipun merasa berenergi saat menikmati minuman berkafein, justru minuman tersebut akan bekerja sebaliknya. Kafein bersifat diuretik yang berarti menyebabkan sering buang air kecil dan dehidrasi. Tubuh kekurangan cairan inilah yang menyebabkan kita mengantuk.

Cobalah untuk menghilangkan konsumsi kafein ini dalam sebulan, maka akan melihat  peningkatan level energi. Bila selalu mengandalkan kafein untuk merasa bugar, mulailah menguranginya secara bertahap sampai akhirnya berhenti sama sekali.

2. Konsumsi alkohol

Tak sedikit orang yang minum alkohol sebelum tidur malam untuk membuat tidur lebih nyenyak. Kenyataannya, mungkin tidak bisa benar-benar beristirahat.

"Alkohol mempengaruhi otak saat Anda terjaga, itu juga mempengaruhi kualitas tidur saat berada di bawah pengaruh alkohol," kata Simic.

Alkohol dapat mengurangi jumlah REM (rapid eye movement) yang merupakan jenis tidur dalam yang paling nyenyak. Dengan kata lain, tidur 8 jam yang Anda dapatkan memiliki kualitas rendah.

3.Terlalu sibuk

Rutinitas kerja yang menyita waktu, agenda harian yang padat, suasana kerja yang penuh tekanan dan kehidupan sosial yang sibuk adalah sesuatu yang kebanyakan orang alami pada tahun 2017.  Hal ini tentu membutuhkan pengorbanan berupa waktu istirahat yang makin pendek.

Terkadang perlu belajar untuk mengatakan tidak. Ini berguna untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi, dan menahan godaan untuk mengatakan "ya" kepada semua undangan sosial. Meluangkan waktu untuk bersantai dan mengisi kembali energi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan.

4. Kurang olahraga

Ini bisa jadi lingkaran setan karena jika merasa lelah mungkin olahraga adalah hal terakhir yang ingin dilakukan. Namun, mengabaikan olahraga justru membuat lebih lesu. Penelitian menyebutkan, hidup aktif, bahkan hanya berjalan kaki selama 15 menit saja bisa membuat perbedaan terhadap tingkat kebugaran.

5. Konsumsi gula berlebih

Gula bekerja dengan cara yang sama seperti kafein. Gula memang memberi dorongan energi namun kemudian menyebabkan tingkat energi turun drastis. Tentunya, hal ini akan membuat lebih lelah.

Lalu, bagaimana cara terbaik mengkonsumsi gula untuk mengatasi rasa lelah dengan cepat. Konsumsilah makanan yang mengandung sedikit gula. Dengan cara ini, dapat dengan meningkatkan dan menyeimbangkan tingkat energi.

Jaga energi sepanjang hari dengan mengkonsumsi makanan yang biasa kita asup setiap hari dan camilan sehat setiap 3 sampai 4 jam. Cara ini lebih efektif daripada hanya makan dalam porsi besar namun dengan frekuensi yang jarang.

6. Alasan medis

Ada berbagai alasan medis mengapa gampang lelah selain pilihan gaya hidup. Ini termasuk kurang aktifnya kelenjar tiroid, rendahnya kadar zat besi atau menderita kegelisahan dan depresi.


Sumber: kompas.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations