SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022 di gedung Azahrah Kecamatan Lakudo, Selasa (31/10/2017).

Gelar Musrembang, Bupati Buteng Tekankan Prioritas Pembangunan
Bupati Buton Tengah, Samahuddin saat memberikan sambutan dalam rapat RPJMD 2017-2022. (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

Bupati Buton Tengah, Samahuddin mengatakan Musrembang bertemakan "Mewujudkan pembangunan berbasis pengembangan potensi wilayah menuju Kabupaten Buton Tengah yang Berkah (Bersih, Sejahtera, Produktif, Agamis Harmonis)" yang dilakukan pada hari ini, tentu melibatkan banyak pihak dengan berbagai rencana dan kepentingan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang disesuaikan daerah.

Rencana dan kepentingan setiap SKPD tersebut, diharapkan memprioritaskan pembangunan daerah di masa mendatang.

"Melalui Musrembang ini, setiap SKPD diajak untuk membicarakan rencana-rencana pembangunan yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran serta prioritas-prioritas yang akan dilakukan pemerintah kedepan," ujarnya saat ditemui usai memberikan sambutan.

Berdasarkan mekanisme penyusunan RPJMD jelasnya, harus sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang pelaksanaan dari PP Nomor 8 Tahun 2018 tentang tahapan, tentang tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, agar tetap menjaga keselarasan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Sehingga berdasarkan mekanisme tersebut, penyusunan RPJMD harus memperhatikan kembali dokumen perencanaanya, yang disesuaikan dengan kondisi daerah, agar menjaga keselarasan pelaksanaan pembangunan daerah.

Sekedar diketahui, pembahasan RPJMD tahun 2017-2022 ini dihadiri oleh Kepala Bapedda Provinsi Sulawesi Tenggara, seluruh SKPD lingkup Kabupaten Buton Tengah.


Laporan: Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations