SULTRAKINI.COM : KENDARI - Generasi Muda Desa Nusantara (GEMA DESANTARA) bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam program unggulan untuk memacu motivasi dan kreasi generasi muda di bidang pertanian dengan pelatihan kepeloporan pemuda bidang pertanian organik.
GEMA DESANTARA dan Kemenpora Dorong Kreatifitas Pemuda di Bidang Pertanian Organik
Sosialisasi GEMA DESANTARA dan Kemenpora, Tiworo, Kabupaten Muna, (26/11/2017), Foto : Wayan Sukanta

Hal ini sejalan dengan nawa cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik yang bisa dicapai melalui kedaulatan pangan. 

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kali ini, organisasi nasional ini menggelar sosialisasi di Desa Tiworo Kecamatan Parigi Kabupaten Muna.

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan peserta ini, mendapatkan apresiasi dari Kadispora Muna Lukman Hakim. Mewakili Pemda Muna, Lukman sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berkomitmen untuk ikut mendorong kesinambungan kegiatan ini di Muna.

Demikian pula Kadis Pertanian Muna LM Hamalin dalam materinya menegaskan rasa bangga dengan kegiatan ini kreatifitas pemuda di bidang pertanian harus ditumbuhkembangkan karena akan berdampak pada penguatan ekonomi daerah. 

Semantara itu, Ketua Umum GEMA DESANTARA, Jaelani menegaskan bahwa pertanian organik yang berbasis pada kearifan lokal terlalu besar untuk digarap sendiri sehingga pemerintah diharapkan memiliki andil yang besar dalam mendorong program ini. 

"Pada sisi yang lain diperlukan pemahaman yang lebih luas oleh masyarakat, sehingga sinergi antara keduanya akan menjadi energi yang membangun bangsa," ujar Jaelani, (26/11/2017).

Pertanian organik (natural farming)—kini telah menjadi sebuah gerakan yang harus dimulai dari desa sebab banyak desa di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara merupakan salah satu daerah yang memiliki basis pertanian cukup besar. 

GEMA DESANTARA merupakan wujud nyata dari langkah mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan, melalui pelatihan. 

"Saatnya Pemuda Kabupaten Muna ikut berkontribusi dalam membangun Daerah, mempelopori tumbuhnya semangat pertanian di Muna adalah salah satu jalannya, sehingga di masa datang Muna juga hadir sebagai daerah yang memiliki kontribusi dalam membangun ketahanan pangan di Sulawesi Tenggara dan Indonesia," harapnya.

Laporan : Wayan Sukanta

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations