Gembiranya Bocah Busel Ini, Karena TMMD Tentara jadi Rasa Keluarga

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Program TMMD ke-106 Kodim 1413/Buton sedang berlangsung sejak 2 Oktober 2019. Banyak sasaran program fisik dikerjakan para prajurit TNI, begitu juga suasana gotong royong yang nampak jelas ditunjukkan masyarakat setempat. Namun, program tersebut tidak sebatas fisik, ada juga program non-fisik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, utamanya anak-anak.

TMMD ke-106 berlangsung pada 2-31 Oktober 2019 di Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara. Dua lokasi sasaran program tersebut tepatnya terlaksana di Kelurahan Masiri dan Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga.

Selama melaksanakan tugas TMMD ke-106 di Busel, para tentara tinggal di rumah warga sebagai anak tinggal agar lebih menyatuh dan menumbuhkan kekeluargaan dengan masyarakat.

Selama di Busel, begitu banyak program fisik hampir dirampungkan oleh para tentara berkolaborasi dengan masyarakat. Program non-fisik pun tidak ketinggalan.
Anak-anak di Busel juga merasakan kehadiran TMMD ke-106, yakni mendapat pelajaran kebiasaan hidup sehat.

Misalnya Wa Ode Erni. Bocah 10 tahun ini ikut merasakan kehadiran TMMD di lingkungannya. Siswi SDN 1 Masiri itu sangat gembira dan antusias tentara tinggal di rumahnya selama TMMD.

Bagaimana tidak, sebelum TMMD masuk di Busel, dirinya hanya tinggal bersama ibu dan neneknya dan hal itu sangat sunyi dirasakannnya.

“Senang, soalnya jadi ramai rumah, setiap malam kita acara (kumpul dan makan bersama), saya juga jadi lebih rajin di rumah, kadang bikin kopi dengan masak indomi juga untuk om om tentara,” cerita Erni dengan gembira kepada Sultrakini.com, Jumat (18/10/2019).

Kesenangan Erni tidak sampai di situ, om tentara kata dia sering mengajaknya berolahraga bersama setiap sore hari. Begitu juga dia yang mengajak teman-temannya bermain bersama di rumahnya berbaur dengan para tentara.

“Kadang saya ajak teman-teman ketemu tentara di rumah, diajak olahraga sama tentara, kita diajar juga push up, kadang kakiku dipegang baru saya push up,” ujarnya sambil memperagakan gaya yang diajarkan itu.

Diberitakan sebelumnya, TMMD ke-106 Kodim 1413/Buton di Busel melaksanakan pembangunan fisik dan non-fisik. Misalnya, pembangunan masjid, balai pertemuan, dan pembukaan jalan baru. (Adv)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.