Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Wilayah Samaturu di Kolaka

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Di sebelah Tenggara Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara diguncang gempabumi tektonik bermagnitudo 4,0 pada Rabu, 30 Desember 2020 pukul 02.44.15 Wita. Gempa ini berlokasi di darat.

“Hasil analisis BMKG, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,99 LS dan 121,40 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9,9 ke arah Tenggara Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km,” kata Plh Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Sumarlin, Rabu (30/12/2020) dalam keterangan tertulisnya.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal, akibat adanya aktivitas Sesar Kolaka di Tenggara Samaturu.

Sementara guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Samaturu-Kolaka dengan intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga Rabu (30/12) pukul 05.30 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucapnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan