000 HPN Prov

Generasi Milenial Dituntut Miliki Empat Kemampuan Utama Hadapi Industri 4.0

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Direktur Utama PT. Taspen (Persero) Pusat, Iqbal Latanro, membawakan kuliah umum dengan tema “Peran Leadership di Era Industri 4.0” di aula Pascasarjana Universitas Halu Oleo, , Kamis (19/9/2019). Peserta kuliah umum tersebut sebanyak 150 orang terdiri dari dosen UHO, pimpinan perbankan se-Sultra, dan mahasiswa.

Iqbal Latanro menyampaikan leader atau pemimpin dalam hadapi industri 4.0 harus memiliki empat peran utama yang harus dipenuhi, yaitu menetapkan tujuan atau visi, komunikasi tujuan kepada orang lain, mempengaruhi dan melibatkan orang lain serta mencapai hasil atau tujuan.

“Leader harus dapat membuat kepercayaan di dalam diri tim dan yang terpenting leader yang kuat, memiliki visi yang bukan sekedar visi untuk perusahaan, tetapi juga yang lebih besar dari itu, yang memiliki pengaruh untuk seluruh timnya, lingkungan sekitarnya, bahkan dunia,” ucap Iqbal, Kamis (19/9/2019).

Selanjutnya kata Iqbal, leader harus memiliki kecepatan dalam membuat keputusan, karena di era 4.0 ini segala sesuatunya berubah dengan cepat.

“Era 4.0 yakni inovasi teknogi, dimana kita harus merubah cara pandang karena teknologi kini menjadi kebutuhan pokok masyarakat melalui inovasi maka kecepatan, akurasi data serta kemudahan akses data dapat efisiensi,” ujar Iqbal.

Namun lanjut Iqbal, inovasi teknologi ini harus membawakan manfaat yang signifikan bagi customer, melibatkan perubahan sistematik bagi revenue dan cost structure bisnis.

Ia juga mengungkapkan gaya pemimpin hadapi era 4.0 generasi milenial harus berpikir cepat, berorientasi pada tim, fokus dan selalu berinovasi.

“Sebagai pemimpin di era saat ini harus meningkatkan mutu antar manusia, saling mengenal, saling berkomunikasi, saling menerima, saling membantu sehingga menjadi lebih besar dan lebih baik,” ungkap Iqbal.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.