Gerak Jalan Indah di Wakatobi, Diramaikan perserta dengan Pakaian Adat Buton

  • Bagikan
Perserta dengan pakaian adat Buton ramaikan Gerak Jalan Indah di Wakatobi, Rabu (15/8/2018). (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Perserta dengan pakaian adat Buton ramaikan Gerak Jalan Indah di Wakatobi, Rabu (15/8/2018). (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Gerak jalan indah di Wakatobi dalam rangka menperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Repoblik Indonesia yang ke 73 tahun, diramaikan dengan peserta yang mengenakan pakaian adat Buton.

Barisan gerak jalan indah yang berjumlah 123 barisan ini bukan saja mengenakan pakaian adat Buton, namun juga ada yang berpakaian busana muslim, seragam Pergawai Negeri Sipil (PNS), pakaian compang camping, nelayan, dan lain-lain, dengan berbagai variasi barisan yang menampilkan tarian dan silat lokal.

Bahkan salah satu perguruan tinggi di Wakatobi, menampilkan marching band yang ditampilkan oleh sejumlah mahasiswa yang sedang mengikuti masa orentasi mahasiswa baru. Sejumlah waria pun turut serta mengikuti baris-berbaris dengan variasi barisan fashion show.

Salah seorang peserta gerak jalan indah, La Bea, mengatakan ia bersama kelompoknya mengenakan pakaian adat Boton karena ia ingin melestarikan budaya Wakatobi.

“Untuk apa saya mau pakai pakaian adat orang lain, sedangkan ada pakaian adat kita,” kata La Bea, Rabu (15/8/2018).

Lanjutnya, pakaian adat, yang barisannya tampilkan yaitu pakaian kombo lariangi untuk perempuan dan pakaian lengko untuk laki-laki.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan