SULTRAKINI.COM: Kopi menjadi minuman favorit banyak orang, namun kopi juga dikenal bisa mengotori warna alami gigi. Minuman-minuman berwarna gelap seperti kopi, teh, anggur merah, dan soda juga bisa menumpuk di celah dan bagian atas gigi. Jika tidak diatasi, bisa menyebabkan noda gelap dan kuning yang permanen.

Gigi Kusam Akibat Kopi, Begini Cara Mencegahnya..
ilustrasi (Foto: pixabay/pexels)

Meski demikian, beberapa langkah sederhana bisa di lakukan untuk mencegah warna kusam di gigi dan menjaga warna cerahnya tanpa perlu memangkas konsumsi kopi .

Dokter gigi dari Astor Smile Dental di New York City Dr Eunjung Jo memberikan beberapa tips melindungi gigi dari noda. Berikut, tipsnya seperti dilansir dari laman Daily Mail :

Gunakan sedotan

Menyeruput minuman melalui sedotan bisa mengurangi jumlah cairan penyebab noda yang bersentuhan langsung dengan gigi. Dr Jo mengatakan, jika merasa aneh menyeruput minuman panas dengan sedotan, pastikan gunakan penutup, jangan gunakan gelas mug untuk kopi.

Floss

Dr Jo menekankan, kebutuhan untuk menggunakan floss untuk menjaga kebersihan plak di antara gigi. Plak menarik noda, karenanya mengurangi plak secara keseluruhan bisa mengurangi noda.

Tidak melakukan flossing bisa memicu noda di antara gigi, meskipun sudah rajin menyikat gigi. Jika seseorang sangat membersihkan warna putih gigi, Dr Jo menyarankan untuk menggunakan Waterpik, atau floss air.

Minum banyak air

Kopi dan anggur merah yang bersifat sangat asam bisa menghancurkan gigi. Jadi, meminum air bisa membantu membersihkan cairan gelap dari gigi. Dr Jo mengatakan, enamel gigi mulai hancur pada tingkat pH 5,5 dan kopi memiliki pH 6,3. Dokter merekomendasikan, meminum empat liter air sehari dan tiga liter sehari bagi wanita.

Jangan langsung menyikat gigi

Semakin lama minuman penyebab noda tinggal di gigi, semakin lekat noda itu menempel. Itulah kenapa penting untuk menyikat noda itu dari gigi. Tetapi, Dr Jo mengingatkan jangan terlalu cepat menyikat gigi setelah meminum kopi. Tunggulah, setidaknya satu jam untuk menetralkan asamnya. Dia juga merekomendasikan untuk menggunakan sikat gigi elektrik, karena kepala sikat yang berputar dan getarannya menghasilkan tingkat kebersihan yang baik.

Mengunyah permen karet

Permen karet bebas gula telah terbukti secara ilmiah bisa melindungi gigi. Dr Jo mengatakan, mengunyah permen karet bebas gula bisa mendorong produksi liur di mulut lima menit setelah minum atau makan.  Meningkatnya liur bisa membantu menetralkan dan membersihkan asam dan plak di gigi.

Membersihkan gigi pada profesional

Dr Jo mengingatkan agar semua orang mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi setahun dua kali, baik yang suka meminum kopi, atau tidak. Dokter gigi menggunakan alat bertenaga dan manual untuk melakukan pembersihan mendalam pada gigi dan menghilangkan plak lebih baik dari menyikat gigi di rumah.

Mengunjungi dokter gigi dua kali setahun merupakan kunjungan rata-rata kebanyakan orang, sementara sebagian lainnya membutuhkan kunjungan dokter gigi lebih sering, karena lubang gigi atau penyakit gusi.


Sumber: viva.co.id

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations