Goa Loba-Loba di Buteng Masuk Nominasi API Award 2018

  • Bagikan
Keindahan Goa Loba-Loba Di Desa One Waara, kecamatan Lakudo, Kabupaten Buteng (Foto: Album Parawisata Buteng)
Keindahan Goa Loba-Loba Di Desa One Waara, kecamatan Lakudo, Kabupaten Buteng (Foto: Album Parawisata Buteng)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Goa Loba-Loba yang terletak di desa One Waara, kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), masuk nominasi dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2018 yang dirilis Juni lalu.

Goa Loba-Loba yang keindahannya cukup menarik ini, masuk peringkat 5 dari tujuh destinasi wisata yang masuk nominasi API diSultra.

Perumus API, Reno Permana, mengatakan tahun ini ada tujuh daerah di Sultra yang objek wisatanya masuk dalam nomonasi API Awards tahun2018.

Dari jumlah ini, objek wisata Loba-Loba saat ini berada di peringkat kelima terpopuler. Menurutnya posisi ini masih bisa berubah bila masyarakat mendukung keindahan objek wisata tersebut.

“Anugerah pesona Indonesia memberi ruang kepada daerah untuk mempromosikan potensi wisata yang ada. Di Sultra, Buteng berada diperingkat kelima terpopuler dari tujuh daerah yang ada di Sultra yang masuk nominasi,” katanya saat ditemui di kantor Bupati Buteng, Selasa (28/8/2018).

Reno mengatakan, setiap tahun trend wisata selalu berbeda, sehingga tahun ini API terfokus pada trend alam.

“Kalau tahun kemaren kita fokus di budaya, maka tahun ini kita fokus pada trend alam. Goa Loba-Loba ini merupakan salah satu objek wisata yang berpotensi menjadi objek wisata terpopuler di Indonesia versi API,” jelas Reno.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Buteng, Samahuddin, mengatakan akan terus mendukung instansi terkait dalam mempromosikan objek wisata yang ada di daerahnya.

Menurutnya, ajang promosi melalui API Awards ini diharapkan mampu memperkenalkan objek wisata andalan Buteng hingga ke kancah internasional.

“Apapun modelnya kita harus promosikan objek wisata kita. Ini adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat disini. Kita mau Goa Loba-Loba nanti menjadi juara satu diajang API awards tahun ini,” terangnya

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan