Pilkada koltim

Google Luncurkan YouTube Musik dan YouTube Premium di Indonesia

SULTRAKINI.COM: Google resmi meluncurkan YouTube Musik dan YouTube Premium di Indonesia pada Rabu, 6 November 2019.

Layanan ini diluncurkan, karena Google melihat industri musik Indonesia, khususnya untuk ranah streaming cukup potensial. Indonesia menjadi salah satu kawasan Asia Tenggara yang memperoleh aplikasi YouTube Music. Aplikasi You Tube Music akan tersedia di Google Play dan IOS App Store.

“YouTube Music meluncur (serentak ) di tujuh negara lain, lima diantaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia,” ucap Head of Musik Content Partnership, YouTube & Google Play (ANZ & SEA)’ Ruuben Van Den Heuvel kepada Kompas Tekno lewat video conference di kantor Google di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik yang mirip spotify. Cakupannya sangat luas, sehingga pengguna tidak hanya mendengarkan lagu-lagu dan offcial album, playlist, ataupun stasiun radio artis, tetapi juga banyak lagu lainnya yang ada di YouTube. Serta dilengkapi fitur pencarian ala Google, yang memudahkan pengguna mencari konten musik yang diinginkan. Selain untuk mendengarkan musik, juga bisa menonton video klip lagu yang sedang didengar langsung dari aplikasi tersebut.

Pilkada

Di Indonesia YouTube Music Premium dengan tarif mulai dari Rp 49.000 per bulan bagi pengguna perangkat berbasis Android dan IOS. Dengan harga ini kita bisa menikmati bermacam fitur YouTube music, seperti streaming musik tanpa iklan dan mendowload lagu agar bisa didengar secara offline. Sebagai pengenalan Google menawarkan secara gratis selama tiga bulan dan penawaran ini hanya berlaku sampai 26 November 2019. Di luar opsi berbayar, pengguna tetap dapat menikmati layanan YouTube Music tanpa berlangganan, tetapi dengan dukungan iklan. Selain itu, YouTube mempunyai enam kelebihan seperti cakupannya luas, rekomendasi khusus, ribuan playlist, video terbaru dan terpepuler, fitur pencarian pintar, dan beralih dari video ke audio atau sebaliknya.

Google juga merilis YouTube Premium ke Indonesia dengan harga berlangganan mulai dari Rp 59.000 per bulan. Menarikya harga ini sudah termasuk langganan YouTube Premium, kita bisa menonton video YouTube bebas iklan, bisa memutar video di luar aplikasi YouTube dengan mekanisme picture-in-picture (PIP), dan mengunduh video untuk ditonton secara offline.

Bagi pengguna berlangganan YouTube premium, secara otomatis akan mendapatkan benefit berlangganan dari YouTube Music premium secara gratis. Serta terdapat juga paket berlangganan khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan dengan harga mulai dari Rp 75.000 per bulan yang didukung dengan enam akun.

Sumber : Kompas dan Liputan.6
Laporan : Ilam Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.