Iklan Clarion

Grup Tari MTsN 1 Konawe Wakili Sultra ke Tingkat Nasional

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kabupaten Konawe kembali menorehkan prestasi. Sekolah yang saat ini dinahkodai Hasyim itu, bakal tampil ke ajang Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Bangka Belitung mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hasyim, sang kepala madrasah, bercerita banyak tentang prestasi yang berhasil diraih siswanya tersebut kepada Sultrakini.com, Senin (23/7/2018). Menurutnya, program seni memang menjadi andalan di madrasahnya.

“Untuk seleksi FLS2N tingkat Kabupaten Konawe saja, kami berhasil lolos pada tiga tangkai seni. gitar solo, menyanyi solo, dan tari kreasi. Hanya saja untuk tingkat provinsi, tari kreasilah yang akhirnya tembus ke tingkat nasional mewakili Sultra,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Tari kreasi yang akan dibawakan pada ajang tersebut bernama “Tari Medulu”. Tari tersebut terilhami akan semangat toleransi dan juga kebersamaan.

“Di dalam tari itu kami juga masukan nilai-nilai tradisional, seperti Tari Lulo yang membawa semangat kebersamaan,” jelasnya.

Kepala MTsN 1 Konawe, Hasyim. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)
Kepala MTsN 1 Konawe, Hasyim. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Lalu, bagaimana dengan proses latihannya? Hasyim mengungkapkan, sejak didapuk sebagai juara satu tingkat provinsi dan akan mewakili daerah ke tingkat nasional, latihan terus diintenskan. Dalam sehari, latihan dilakukan tiga kali, yakni sore, sekitar pukul 18.30 Wita, dan pukul 19.30 Wita.

“Karena dari awal kita target juara, latihannya kami intenskan. Sehari bisa sampai tiga kali. Ada pelatih dan guru pembimbing yang awasi. Kami juga bekerjasama dengan desainer baju dan pemusik agar tari ini dapat tampil semaksimal mungkin,” terangnya.

Jika tak ada aral, kata Hasyim, para siswanya akan berlomba pada 24 Agustus 2018. Tempat penyelenggaraan FLS2N tahun ini akan berlangsung di Bangka Belitung.

Laporan: Mas Jaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.