Iklan Clarion

Gua Liangkobori Masuk Nominasi API 2018, Begini Cara Dukungnya

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kementerian Pariwisata kembali menggelar ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Pada penyelenggaraan kompetisi pariwisata daerah yang ketiga kalinya ini, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mengusung gua pra sejarah Liangkobori menjadi salah satu nominasi dari 18 kategori yang dilombakan. Sabtu, (9/6/2018).

Delapan belas kategori tersebut, meliputi wisata air terpopuler, atraksi budaya terpopular, tujuan wisata baru terpopuler, objek wisata belanja terpopuler, cindera mata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, promosi pariwisata digital terpopuler, ekowisata terpopuler, festival pariwisata terpopuler, wisata halal terpopuler, kampung adat terpopuler, wisata kreatif terpopuler, makanan tradisional terpopuler, wisata olahraga dan petualangan terpopuler, situs wisata terpopuler, surga tersembunyi terpopuler, serta objek wisata unik terpopuler.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Dahlan Kalega, menjelaskan bahwa situs pra sejarah yang terletak di Desa Liangkobori, Kecamatan Lohia, terdapat 28 gua berisi situs pra sejarah. Liangkobori diambil dari nama kedua gua yang berdekatan, gua Lia dan Ngkobori dan terletak di jalur pintu masuk kawasan situs ini berada. Semua gua di kawasan itu, terdapat gambar-gambar yang menceritakan kehidupan manusia pra sejarah di kala itu.

“Tatkala masuk ke dalam, kita akan melihat gambar pada dinding gua, orang yang sedang berburu, bercocok tanam, berinteraksi, bahkan menikah, dan masih banyak lagi,” kata Dahlan.

Dia berharap, dipilihnya Gua Liangkobori menjadi nominasi dalam ajang bergengsi ini, bisa mengangkat popularitasnya sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Muna.

“Apalagi saat ini dibawah kepemimpinan LM. Rusman Emba yang begitu gencar mempromosikan kebudayaan Muna menjadi destinasi unggulan,” tambah Dahlan.

Dirinya berpesan kepada segenap masyarakat Kabupaten Muna, untuk memberikan dukungan melalui vote yang disediakan oleh panitia, demi pelestarian kearifan budaya bersama.

“Marilah kita dukung Liangkobori dengan cara mengirim sms ketik API 10D kirim ke 99386,” ujar Dahlan.

Pemungutan suara telah dibuka sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada 31
Oktober 2018.

Pengumuman juara API 2018 akan dilakukan pada November 2018.

Dahlan juga turut menyampaikan pesan Menteri Pariwisata Republik lndonesia, Arief Yahya.

“Penghargaan ini mahal. Adanya ini diharapkan para penerima penghargaan baik gubemur, wali kota, dan bupati dapat terinspirasi dan termotivasl untuk terus memajukan dan mempromosikan destinasi atau obyek wisata di daerahnya masing-masing. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah, yakni pencanangan pariwisata sebagai penggerak perekonomian Indonesia melalui target 20 juta wisatawan di tahun 2019/2020,” ucapnya.

Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang pariwisata terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Rl. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Ajang Apresiasi pilihan masyarakat (people choice) ini secara Iangsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari kabupaten/kota, hingga di provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler.

Tujuannya, mengangkat seluruh potensi destinasi di daerah Indonesia, untuk dapat terus dikembangkan lebih baik dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara serta mancanegara.

 

Laporan: Novrizal R Topa
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.