Paud Kominfo atas

Gubernur Sultra Dukung Langkah Dit Polair Tingkatkan Kualitas Kerja

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) ke-69 tahun 2019 yamg dilaksanakan di Pelabuhan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Rabu (04/12/2019).

Ali Mazi mengatakan, peran Polairud dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah perairan dan udara di Sultra sangat baik. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Sultra merupakan Provinsi yang bercirikan kepulauan dengan luas perairan sekitar 72 persen dari total luas seluruh wilayahnya.

Dengan luas perairan seperti ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah khususnya pemerintah daerah untuk melaksanakan percepatan pembangunan daerah di seluruh wilayah Sultra.

“Pengabdian Dit Polairud Polda Sultra selama ini di Sultra telah menunjukan peran yang teramat vital dalam ikut menciptakan kondisi wilayah Sultra yang kondusif,” kata Ali Mazi usai upacara HUT Polairud, Rabu (04/12/2019).

Selain itu kata Ali Mazi, Dit Polairud juga mampu memposisikan diri sebagai salah satu unit kerja Polda Sultra yang mengambil peran – peran sosial secara aktif dan responsif, utamanya dalam penanganan korban bencana alam dan korban kecelakaan yang terjadi di wilayah perairan.

“Dit Polairud Polda Sultra telah menjadi bagian penting dalam pelaksanaan peran dan fungsi Polri di daerah Sultra bersama stakeholder lainnya dalam menciptakan ruang yang cukup bagi pemerintah daerah di Sultra, untuk mencari solusi dalam mengimbangi perkembangan dan dinamika kehidupan masyarakat utamanya dalam program-program pembangunan daerah,” jelasnya.

Menurut Ali Mazi, peran Dit Polairud dalam melakukan penyelenggaraan fungsi kepolisian perairan dan udara yang mencakup patroli, termasuk penanganan pertama terhadap tindak pidana dan pencarian serta penyelamatan kecelakaan di wilayah perairan dan juga pembinaan masyarakat pantai dan perairan sehingga terciptanya wilayah yang kondusif menjadi salah satu faktor penentu kelancaran proses pembangunan.

“Kami berkomitmen untuk selalu mendukung berbagai langkah jajaran Dit Polair Polda Sultra dalam rangka meningkatkan kualitas kinerjanya demi memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis di daerah ini,” ucapnya.

(Baca: HUT ke-69 Polairud, Kapolda Sultra Tekankan Deteksi Dini Ancaman Kamtibmas)

 

Laporan: La Niati

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.