Paud pemprov atas

Guru SD di Batalaiworu Dilatih Pembelajaran Berbasis TIK

SULTRAKINI.COM: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO) mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, selama lima minggu, pada Oktober dan November 2019.

Ketua Tim kegiatan, Norma Muhtar menjelaskan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarat yang berkelanjutan bertujuan meningkatkan kompetensi guru pada pengembangan media pembelajaran berbasis TIK sehingga menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Menghadirkan narasumber dari UHO yaitu Norma Muhtar, Asrul Sani, Jufra, La Ode Saidi, dan Umar Reiki, serta dibantu Surip Widodo dari LPMP Sulawesi Tenggara.

Antusias peserta cukup tinggi, sehingga melebihi target semula hanya 2 SD menjadi seluruh sekolah negeri yang ada di Kecamatan Batalaiworu.

Narasumber Asrul Sani menjelaskan dalam kegiatan tersebut guru dibekali pengetahuan menyusun media pembelajaran digital berbasis teks, gambar, dan animasi sederhana untuk menunjang persiapan serta pelaksanaan proses belajar mengajar.

Narasumber lain, Jufra mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan pengabdian masyarakat dari tahun sebelumnya untuk digitalisasi media pembelajaran di sekolah-sekolah SD di Kecamatan Batalaiworu.

Senada dengan itu, Kepala SDN 2 Batalaiwaru, Wa Ode Farulli menjelaskan kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya mewujudkan pendidikan berbasis TIK yang berkiblat pada pembelajaran abad 21.

Kabid Pendidkan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan kabupaten Muna, Karim Darma berharap kemitraan kegiatan seperti ini bisa berimbas ke sekolah-sekolah lain di Kabupaten Muna sehingga dapat mempercepat upaya digitalasi sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar di kelas yang menyenangkan.

Sumber pembiayaan kegiatan berbentuk sharing kemitraan yaitu DIPA UHO tahun 2019 dan anggaran dari sekolah-sekolah mitra jenjang SD di Kecamatan Batalaiworu.

Laporan: Norma Muhtar (Citizen Journalism)
Editor: M Djufri Rachim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.