Guru SD Mubar Diberikan Penguatan Memahami Pendidikan dari K13

  • Bagikan
Bimtek sasaran sekolah pelaksanaan kurikulum 13 atau K13 jenjang Sekolah Dasar tahap II di SDN 8 Lawa. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat (Dikbud Mubar) bersama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) sasaran sekolah pelaksanaan kurikulum 13 atau K13 jenjang Sekolah Dasar tahap II di SDN 8 Lawa, Sabtu (20/5/2017).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dikbud Mubar, Burhanuddin mengatakan bimtek dilakukan guna memberikan penguatan terhadap sekolah dalam melaksanakan K13 mulai dari tahap merencananakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta didik serta meningkatkan mutu pendidikan di Mubar.

“Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh para tenaga pengajar di sekolah, khususnya di tingkat sekolah dasar. Kurikulum 13 mulai diberlakukan pada tahun ajaran baru untuk jenjang SD dan SMP,” terangnya. 

Bimtek diikuti 80 guru SD mulai 20-25 Mei 2017 ini, dibagi dua induk cluster, yaitu SDN 8 Lawa dan SDN 6 Kusambi. Setiap induk cluster diikuti sepuluh sekolah yang masing-masing sekolah menghadirkan perwakilan empat orang guru, seperti kepala sekolah dan tiga guru perwakilan kelas bawah dan kelas atas.

Sedangkan bimtek gelombang dua bakal dilaksanakan Juni 2017 mendatang untuk wilayah Tiworo dengan induk cluster SDN 3 Tiworo Selatan dan SDN 6 Tiworo Tengah. Keikutsertaan sekolah dalam bimbingan seperti halnya tahap pertama di atas.

“Pelaksanaan Kurikulum 2013 ini bisa memberikan perubahan terhadap aktivitas pembelajaran yang mencangkup  proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, layanan pembelajaran, menajemen pembelajaran dan perilaku,” jelas Burhanuddin.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan