SULTRAKINI.COM: Gusi berdarah disebabkan wabah formasi di mulut. Bila wabah tidak dibersihkan melalui penyikatan biasa, bakteri dalam wabah tumbuh dan menyebabkan gusi membengkak hingga berdarah. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dan harus segera diobati.
Gusi Berdarah, Begini Cara Mengatasinya
ilustrasi (Foto: google)

Sementara, jika dibiarkan terlalu lama, hal itu dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius atau disebut periodontitis, kondisi di mana orang bahkan dapat kehilangan gigi. 

Biasanya, kondisi ini ditangani oleh dokter yang meresepkan beberapa antibiotik, yang mungkin memerlukan waktu lama untuk bekerja. Namun,  bisa juga melakukan pengobatan di rumah yang memberi kelegaan saat melakukannya. 

Berikut beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk membantu mengelola gusi berdarah dan memberi kelegaan yang menenangkan.

1.Bilas air garam

Garam adalah obat alami yang digunakan untuk mengobati segala jenis infeksi di mulut. Ini adalah anti-inflamasi dan antiseptik yang kuat, yang akan segera membunuh bakteri penyebab masalah dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Caranya, berkumur dengan 1 sendok teh garam yang dicampur ke dalam segelas air. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan kelegaan dari pembengkakan. 

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint sangat efektif dalam mengobati sejumlah penyakit gusi dan ini menjadikannya bahan biasa dalam produk kesehatan mulut. Ini secara efektif membunuh bakteri jahat di mulut dan mengurangi pembengkakan. Bau minyak peppermint yang menakjubkan juga membuat bau mulut tak sedap. Beberapa etes minyak peppermint langsung ke gusi bisa mengatasi masalah tersebut. 

3. Kayu manis 

Kayu manis merupakan anti bakteri yang kuat. Ini membantu mengobati kerusakan gigi dan juga melawan pembentukan wabah, penyebab utama radang gusi. Hal ini juga memberikan nafas segar. Buatlah pasta bubuk kayu manis segar dengan air dan pijat ke gusi. Biarkan selama 2 menit dan bilas. 

4. Susu

Produk susu kaya kalsium yang bagus untuk tulang. Kalsium membantu menyegel celah di gusi tempat bakteri tumbuh. Ini akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan segera. Konsumsilah produk susu, seperti susu dan keju secara teratur. 

5. Minyak lavender

Minyak lavender adalah anti bakteri yang baik. Memijat minyak lavender di gusi juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan mengurangi pembengkakan dan nyeri. Ini akan menutup gigi dan gusi dan mencegah penyebaran kuman. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. 

6. Marigold/Calendula

Bunga Calendula dikenal karena manfaat penyembuhannya. Ini adalah anti-inflamasi dan anti-parasit yang baik dan mengurangi penumpukan wabah. Ramuan ini juga merupakan detoxifier alami dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini diketahui memperkuat jaringan gusi dan membuat gigi lebih kuat. Ambil beberapa kelopak bunga marigold segar dan rebus dalam segelas air. Saring dan gunakan ini sebagai pencuci mulut atau bilas. 

7. Sayuran mentah

Mengonsumsi sayuran mentah membantu menguatkan gigi. Mereka juga membantu mencegah bau mulut. Sayuran mentah mengandung vitamin C dan D dalam jumlah tinggi dapat mengurangi terjadinya gingivitis. 

Mengunyah sayuran membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi perdarahan. Mengunyah wortel, lobak, dan tomat sebelum makanan, baik untuk kesehatan mulut.


Sumber: sindonews.com

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations