Pilkada koltim

Hadapi Industri 4.0, Prodi Arsitektur UMK Gelar Lokakarya Kurikulum

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka menghadapi perkembangan era revolusi industri 4.0, Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar lokakarya kurikulum dan sosialisasi visi dan misi prodi.

Ketua Prodi Arsitektur UMK, Yudhi Dwi Hartono, mengungkapkan di era digital saat ini, perubahan merupakan sesuatu yang tidak mungkin bisa dihindari. Perubahan dimaksudkan untuk menjadikan sesuatu yang dijalankan menjadi lebih baik lagi dari yang telah dicapai. Demikian pula dengan visi dan misi Prodi Arsitektur UMK.

“Selain lokakarya, sosialisasi visi dan misi program studi juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini. Sosialisasi ini diharapkan menjadi ajang mengenalkan visi dan misi prodi kepada masyarakat umum dan pemerintah daerah, sehingga kedepannya Prodi Arsitektur UMK dapat memberikan kontribusi yang lebih terhadap pembangunan Sultra,” ujarnya, Rabu (24/7/2019).

Lebih lanjut Yudhi Dwi Hartono jelaskan, lokakarya ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tingga dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.

“Kegiatan dimaksud diharapkan dapat menjadi awal dari rencana untuk memperbaiki kualitas lulusan yang ingin dicapai dari perguruan tinggi, di mana hal ini menjadi aspek yang paling ditekankan dalam Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI). Juga, agar semua civitas academika serta stakeholder yang hadir dapat mengenal karakteristik dari Prodi Arsitektur UMK,” harapnya.

Pilkada

Rektor UMK Amir Mahmud dalam sambutannya menekankan agar setiap prodi harus lebih meningkatkan kualitas mahasiswa.

“Prodi tidak hanya berusaha memperbaiki dan mengembangkan kurikulum yang merupakan kegiatan rutin, tetapi juga fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, Dekan Fakultas Teknik UMK Dr. Ilham mengingatkan seluruh peserta tentang pentingnya untuk menghadapi persaingan global di era revolusi industri 4.0.

Lokakarya kurikulum dan sosialisasi visi dan misi Prodi Arsitektur dilaksanakan di gedung baru UMK, dengan melibatkan stakeholder terkait diantaranya Dinas Cipta Karya, pengguna lulusan, alumni, akademisi, mahasiswa serta asosiasi profesi di Sultra yakni Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo).

Turut hadir sebagai pemateri Ketua Jurusan Arsitektur Universitas Halu Oleo (UHO) Dr. H. Ishak Kadir, dalam materinya menyampaikan kurikulum Prodi Arsitektur berbasis KKNI. Sementara Ketua IAI Sultra Arief Saleh Sjamsu menjelaskan tentang pendidikan profesi arsitek di Indonesia serta peran IAI sebagai asosiasi profesi di Indonesia.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.