000 HPN Prov

Hadapi Pemilu 2019, Polres Buton Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kepolisian Resor Buton, Sulawesi Tenggara dan jajaran menggelar simulasi sistem pengamanan (Sispam) kota, Selasa (26/3/2019). Simulasi itu dilakukan dalam rangka menghadapi pemilu serentak 17 April 2019.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, simulasi sispam kota yang dilaksanakan di Lapangan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo tersebut bertujuan mengecek kesiapan pemilu sekaligus mensimulasikan kemampuan personil yang telah dilatih saat pra operasi.

“Simulasi sispam kota dalam rangka pengaman pemilu, tujuannya pertama mengecek kesiapan pemilu sekaligus mensimulasikan kemampuan-kemampuan personil yang telah dilatih pada saat pra operasi itu seolah-olah terjadi,” kata Andi Herman kepada sejumlah awak media usai kegiatan itu.

Lanjut Andi Herman, dalam simulasi tersebut diantaranya memperagakan mulai dari tahapan kampanye, indikasi kecurangan, unjuk rasa, hingga suasana memanas yang mengakibatkan terjadinya kekacauan.

“Mulai dari kampanye damai, kemudian memanas bahkan sampe dengan kekacauan hingga ke Kota Pasarwajo akibat pemilu tersebut,” jelasnya.

Selain itu tambah Andi Herman, simulasi simpam kota tersebut juga sekaligus memberikan pembelajaran kepada masyarakat bahwa Polres Buton siap mengamankan pemilu dan memberi rasa aman kepada masyarakat hingga menuju ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Sampe disimulasikan ada yang tertembak sesuai dengan protap yang ada. Tembak ditembak bagi perusuh pemilu,” tandasnya.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.