Hafiz Cilik Indonesia Gemakan Ayat Suci Al Quran di MTQ Moskow

SULTRAKINI.COM: Lantunan ayat-ayat suci Al Quran oleh dua hafiz cilik Indonesia, Muhammad Ghozali Akbar (10) dan Kamil Ramadhan (11) menggema di puncak acara MTQ Internasional Moskow  ke-19 kategori hafiz, Minggu (21/10/2018).

Sekretaris Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, Diana, mengatakan kehadiran hafiz cilik Indonesia sebagai tamu undangan khusus dari Dewan Mufti Rusia.

“Kami datang dari Indonesia ke Moskow, Rusia ingin memberikan hal yang berharga, berupa cinta kasih kami dan lantunan ayat-ayat suci Al Quran,” ujar Ike Muttaqin Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfizil.

Kedua hafiz cilik Indonesia tampil memukau di MTQ Moskow membacakan surat Ar-Rahman ayat 1-40. Banyak di antara tamu undangan terharu, bahkan menitikkan air mata saat mendengar lantunan ayat kedua hafiz cilik Indonesia.

Ahmad adalah seorang anak yatim. Ia mulai belajar membaca Al Quran sejak usianya 8 tahun dan dalam waktu 8,5 bulan berhasil menghafal 30 juz Al Quran.

Kamil juga seorang anak yatim, bahkan sempat menjadi pengemis. Ia mulai menghafal Al Quran sejak usianya 8 tahun dan berhasil hafal 30 juz dalam waktu 6,5 bulan.

Ahmad pernah menjadi juara pertama dan Kamil juara tiga lomba Hafiz Indonesia 2017. Lomba Hafiz Internasional 2018 di Jeddah, Ahmad memperoleh juara ketiga dan Kamil menempati posisi keenam.

Kedua hafiz cilik ini tidak hanya pandai menghafal Al Quraan, tetapi mereka hafal nomor dan nama surat, nomor ayat, nomor halaman bahkan baris yang dibacanya.

gemilang simpeda bank sultra

Atas sambutan meriah kepada dua Hafiz cilik Indonesia, Ike Muttaqin berharap semangat Ahmad dan Kmail terus memberikan inspirasi kepada orang lain untuk lebih mencintai Al Quran dengan banyak membaca dan mengamalkanya.

MTQ Internasional Moskow ke-19 diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia pada 18-21 Oktober 2018 dan diikuti oleh 33 peserta. Dari 33 negara di antaranya, yakni Rusia, Bosnia Herzegovina; Serbia, Turki; Mesir, Yordania; Irak, Iran; Qatar, Arab Saudi; Kuwait, Uni Emirat Arab; Palestina, Suriah; Tunisia, Yaman; Tanzania, Kazakhstan; Kyrgyzstan, Uzbekistan; Brunei Darussalam, Malaysia; dan Indonesia.

Babak kualifikasi dilangsungkan di Masjid Agung Moskow. Indonesia diwakili oleh Muhamad Abbul Faqih dari Jawa Tengah. Meskipun belum berhasil menjadi yang terbaik, kehadiran wakil Indonesia turut mempererat ukhuwah Islamiah.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi yang hadir dalam acara puncak MTQ mengapresiasi Tim Indonesia, baik peserta, dua hafiz cilik, para pendamping, maupun perwakilan juri.

Menurut Wahid, keikutsertaan ini lebih mendekatkan, tidak hanya hubungan antara bangsa Indonesia dengan Rusia, tetapi antara sesama masyarakat muslim di dunia.

“Untuk pertama kalinya panitia mengundang dua hafiz cilik dari Indonesia, ini merupakan pengakuan luar biasa kepada Indonesia,” kata Dubes Indonesia untuk Rusia, M Wahid Supriyadi, Rabu (24/10/2018).

Sumber: Antaranews.com dan Kumparan.com

Laporan: Hartia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.