SULTRAKINI.COM: Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Tidak ada yang salah dengan hal itu, namun pengaplikasiannya bagaimana? Dan untuk hal apa saja?

Hal wajib yang kamu lakukan di awal usia 20-an
Ilustrasi (foto:google)

Salah satunya adalah kesehatan. Kamu bisa melakukan banyak hal yang dapat mencegah berbagai masalah kesehatan di masa yang akan datang. Pasalnya sebagian besar anak berusia 20-an tidak terlalu peduli dengan kesehatan mereka. Miris. Padahal seharusnya generasi muda harus hidup dengan memiliki tubuh yang tanpa lemak, tanpa alkohol, tidak merokok, dan mengikuti pola kehidupan yang sehat. Nyatanya di lapangan hal itu malah sebaliknya.

Nah, kebiasaan yang kamu lakukan di usia 20-an berikut ini akan memberikan banyak sekali hal positif. Kira-kira apa saja? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.     

1. Memulai hari dengan segelas air lemon

Buatlah peraturan dalam diri yang harus kamu patuhi setiap hari, yakni meminum segelas air suam-suam kuku dengan lemon dan sejumput cabe rawit. Tentu saja tidak dicampur dalam satu minuman.

Ritual menyehatkan ini akan membantu 'menendang' metabolisme kamu pada saat pagi hari untuk memulai sarapan.

2. Buah-buahan sebagai camilan

Untuk mengurangi keinginan makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan dan lain sebagainya disaat ingin ngemil, sebaiknya kamu menyediakan pengganti. Nah, untuk pengganti camilan, kamu bisa menggunakan makanan ringan yang sehat, seperti buah-buhan, kacang-kacangan, atau yoghurt.

3. Flossing gigi

Yang sering menjadi momok bagi remaja saat ini hilangnya gigi di masa tua nanti. Mereka tidak mau ompong karena akan sangat mengganggu baik penampilan atau pola makan sedikit banyak.

Nah, kondisi gigi kamu ternyata secara langsung berhubungan dengan kesehatan tubuh. Para ilmuwan bahkan telah berhasil membuktikan hubungan antara gigi dan penyakit kardiovaskular. Nah, flossing gigi merupakan salah satu untuk mengatasi hal itu, termasuk mengurangi risiko gigi berlubang.

4. Konsumsi apel setiap selesai makan

Solusi yang sangat sederhana untuk menjaga agar rongga mulut kamu tetap bersih adalah dengan mengonsumsi apel setiap kali selesai makan. Hal ini akan dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. Selain itu apel juga berkhasiat memperbaiki sirkulasi darah di gusi dan menormalkan keasaman di mulut. Menarik, bukan?

5. Mandi dengan selingan air panas dan air dingin

Hal ini akan sangat membantu dalam memperkuat pembuluh darah kamu. Dengan bergantian antara air panas dan air dingin saat mandi terbukti ampuh menguatkan sistem saraf dan pembuluh darah. Tidak banyak orang yang tahu, tapi ini adalah salah satu untuk tetap sehat.

6. Selalu sedia air putih

Bahkan pada saat bekerja, sediakan sebotol air putih di meja kerja kamu. Bukan apa-apa, pasalnya kebanyakan orang tidak memprhatikan alias tidak sadar bahwa dirinya mengalami dehidrasi. Langkah pertama yang dapat kamu ambil utnuk hidup sehat adalah dengan minum lebih banyak air.

Dengan menyimpan sebotol air putih di meja kerja, maka kamu akan mulai minum lebih banyak air tanpa banyak usaha atau paksaan.

7. Makan kacang

Makanlah tidak kurang dari 50 gram kacang setiap hari. Kacang mengandung asam lemak dan omega-3 yang dapat memperkuat sistem kardiovaskular, rambut, dan kuku. Selain itu, kacang-kacangan mengandung selenium, antioksidan, vitamin E, sterol tumbuhan, potassium, kalsium, dan lain-lain. Ini adalah salah satu kebiasaan terbaik untuk memulai usia 20 tahun.

8. Mengenakan kaus kaki saat tidur

Sebelum tidur, oleskan minyak kelapa dengan beberapa tetes mint ke kaki kamu. Pijat lembut bagian kaki untuk membiarkan minyak meresap ke dalam kulit. Kemudian pakaikan kaus kaki sebelum tidur. Mengapa harus melakukan ini?

Hal ini dapat memperlancar dan melembutkan kaki bagian tumit. Bagaimana pun, memiliki kaki yang rapi sangat penting untuk menghindari beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi di kemudian hari.

9. Membaca setiap hari

Membaca setiap hari akan memperbaiki ingatan, pemikiran logis dan imajinasi kamu. Ini juga telah terbukti bahwa orang yang sering membaca atau membaca secara berkala dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia.


Sumber: Merdeka.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations