Hardiknas 2019, Kolaborasi Pendidikan dan Kebudayaan

  • Bagikan
Upacara Hardiknas di Kabupaten Konawe, Kamis (2/5/2019). (Foto: Istimewa)
Upacara Hardiknas di Kabupaten Konawe, Kamis (2/5/2019). (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah Konawe menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan Kantor Bupati Konawe, Kamis (2/5/2019).

Upacara hardiknas dihadiri jajaran pejabat Pemda Konawe, OPD, sejumlah ASN, dan pelajar tingkat SD dan SMP wilayah setempat.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara selaku pembina upacara, mengatakan warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggung jawab.

“Tema Hari Pendidikan Nasional 2019 adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya-sumber daya manusia berkualitas, demi terwujudnya Indonesia berkemajuan,” ucap Gusli dalam membacakan pidato Mendikbud.

Wakil Bupati Konawe jugam mengajak jajarannya untuk lebih konsentrasi pada pengembangan potensi pendidikan melalui peningkatan sumber daya manusia dilandasi karakter kuat, keterampilan, dan kecakapan tinggi, agar bisa menjawab tantangan perkembangan zaman.

“Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya,” ujarnya.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan