SUARA

Harga Sejumlah Bahan Pokok Masih Stabil di Kendari, Cek Rupiahnya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kenaikan harga sejumlah bahan pokok belum signifikan, jelang puasa Ramadan 1439 Hijriah. Khususnya, di pasar Korem, Kota Kendari, dan pasar Baruga yang berada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pantauan SultraKini.Com, harga telur ayam relatif sama dijualkan di tiga pasar tersebut. Rata-rata pedagang memasang harga dikisaran Rp 42 ribu sampai 55 ribu per rak dari ukuran kecil sampai jumbo.

“Kami menjual sesuai harga distributor, kalau harga tinggi kami kasih naik harga,” kata Seorang pedagang telur ayam di pasar Kota Kendari, Saril, Minggu (6/5/2018).

Sementara harga tertinggi cabai besar, kriting, dan cabai rawit di pasar Korem masing-masing Rp 55 ribu, 50 ribu, dan 20 ribu per kg. Namun di pasar Kota Kendari dan Baruga penjualannya sama, yakni Rp 50 ribu per kg untuk cabai besar, Rp 45 ribu cabai geriting per kg, dan Rp 20 ribu cabai rawit per kg.

Harga tomat di pasar Korem dan Kota Kendari sama, yakni Rp 10 ribu dari harga sebelumnya Rp 7 ribu. Berbeda dengan pasar Baruga yang turun sampai Rp 2 ribu dari Rp 8 ribu.

Harga bawang merah di pasar Korem mengalami penurunan sampai Rp 5 ribu, begitu juga bawang putih. Sedangkan di pasar Kota Kendari berada dikisaran Rp 45 ribu. Harga bawang merah di pasar Baruga berkisaran Rp 28 ribu sampai Rp 40 ribu per kg. Bawang putih berkisaran Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu per kg.

yamaha

“Bawang merah per kilo ada yang menjual Rp 40.000 dan ada juga yang menjual Rp 28.000 per kilo, sedangkan bawang putih ada yang menjual Rp 35.000 per kilo dan ada juga yang menjual Rp 32.000 per kilo. Bawang kami ambil dari Enrekang (Sulawesi Selatan), harganya sudah turun, lalu kami menjual 35 ribu ke atas,” ucap Seorang pedagang bawang di pasar Baruga, Ardi, Minggu (6/5/2018).

Untuk harga beras ciliwung dan beras kepala rata-rata penjualan harga tertingginya sama, yakni Rp 11 ribu.

Sedangkan harga ayam tidak jauh berbeda, seperti di pasar Korem pedagang memasang harga Rp 23 ribu per kg dari Rp 21 ribu per kg, Rp 35 ribu pr kg di pasar Kota Kendari, dan Rp 24 ribu dari Rp 30 ribu per kg di pasar Baruga.

Daging sapi stabil di harga Rp 110 ribu untuk kualitas segar dan Rp 60 ribu untuk daging beku.

“Kami ambil ayam dari Wolasi, Konda, biasanya naik terus harga ayam memasuki Ramadan,” terang Pedagang ayam potong di pasar Baruga, Agusalim.

 

Laporan: Rifin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.