Hari Bhayangkara ke-74: Penanganan Covid-19 Hingga Pilkada

SULTRAKIN.COM: KENDARI – Mengusung tema Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 berlangsung secara virtual, Rabu (1/7/2020). Khusus di Mapolda Sultra, upacara dipimpin Irjen Pol Drs. Merdisyam selaku kapolda.

Presiden RI, Joko Widodo bertindak langsung sebagai inspektur upacara virtual Hari Bhayangkara serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Irjen Pol Drs. Merdisyam mengatakan, HUT kali ini ada yang spesial, yakni kenaikkan pangkat setingkat lebih tinggi untuk perwira pertama, Bintara, Tamtama, dan PNS Polri.

Sementara fokus ke depan adalah penanganan Covid-19 yang bekerja sama dengan ormas kepemudaan, ormas agama, serta elemen masyarakat lainnya.

“Kegiatan tersebut di atas (upacara virtual) tentunya dilaksanakan serentak oleh Mabes Polri dan seluruh jajaran kewilayahan,” tambah Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dilansir dari laman resmi Polri.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, tidak upacara dan peringatan secara terbuka hanya melalui virtual yang dipimpin langsung oleh presiden,” ujar kapolda Sultra.

Polres Butur

Kapolres Butur, AKBP Wasis Santoso. (Foto: Ist)
yamaha

Peringatan Hari Bhayangkara juga diikuti jajaran di Polres Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

Kapolres Butur, AKBP Wasis Santoso, menerangkan meski maklumat larangan berkumpul dicabut dalam menghadapi era new normal, masyarakat tetap harus mengikuti protokol kesehatan, misalnya menggunakan masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan.

Sementara pengamanan pintu perbatasan kabupaten, kata AKBP Wasis Santoso, tetap dilakukan pihaknya di pos-pos perbatasan Kabupaten Butur, sebab masih mengahdapi new normal.

“Walaupun new normal kami tetap melaksanakan penjagaan di pos-pos perbatasan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Pengamanan Pilkada Butur 2020 termasuk bagian dari pengamanan kepolisian. Misalnya, aksi premanisme dan kejahatan siber.

“Saya perintahkan seluruh jajaran untuk menindak tegas pelaku premanisme yang masuk di wilayah Buton Utara,” ujarnya.

Sementara kejahatan siber akan dilakukan patroli dengan mengecek akun-akun provokasi atau bentuk lainnya selama tahapan pilkada. (C)

Laporan: Riswan&Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.