SULTRAKINI.COM: MUNA - Guna memastikan pengamanan pada hari raya Natal dan tahun baru 2018, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto memantau langsung personil gabungan siaga di Pos Pengamanan (Pospam) dan gereja di Kabupaten Muna.

Hari Natal, Polda Sultra Pantau Keamanan di Muna
Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto saat menyalami salah satu personil TNI Kodim 1416/Muna yang disiagakan di tempat ibadah. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan selaku Kepala Operasi Daerah (Kaopsda) Sultra, pemantauan langsung dilakukan di 17 kabupaten/kota di wilayah hukumnya guna melihat kesiapan pengamanan yang diperbantukan personil TNI serta stakeholder. Sekaligus memastikan masyarakat tetap aman dan nyamanan menghadapi hari raya Natal serta libur panjang jelang tahun baru 2018.

"Disamping melihat kesiapan pengamanan. Kita melihat bagaimana pengaturan strateginya. Jangan sampai fokus dipengamanan, malah di rumah warga yang berlibur dan sentra lain keamanannya justru kecolongan. Aman ini penting, Insya Allah pembangunan nasional itu akan lancar jika investor merasa aman untuk menanamkan modalnya," kata Andap Budhi Revianto kepada awak media, Senin (25/12/2017).

Jelang Natal dan tahun baru 2018, lanjut dia, pihaknya telah melakukan sejumlah giat, yakni gelar Operasi Lilin guna menekan totalitas kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal serta giat kepolisian yang ditingkatkan guna meminimalisir gangguan kantibmas dengan melaksanakan razia premanisme, miras dan senjata tajam.

Ada juga giat operasi pasar dengan membentuk satgas pangan guna mengecek harga pangan yang dijual diatas harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kita juga perhatikan anomali musim di sini, jangan sampai nanti ada oknum transportasi laut itu memasukan penumpang tidak sesuai manifest. karena kita pelajari di Muna pada tahun sebelumnya, ada korban meninggal dunia kerana overload (kelebihan beban)," ungkapnya.

Olehnya itu, dengan adanya sejumlah giat yang dilaksanakan tersebut, dia berharap masyarakat Muna merasa aman, nyaman lancar sehingga kamtibmas tetap kondusif.

"Mari kita mempunyai resolusi yang harus kita tetapkan tahun depan di Muna. Berbagai sektor harus lebih baik lagi baik keamanannya kondusif, pembangunan nasionalnya lebih meningkat, sehingga Insya Allah Nuna menjadi daerah tujuan wisata dan investor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Muna, AKPB Agung Ramos Paretongan Sinaga mengungkapkan kunjungan Kapolda Sultra ke seluruh Polres di wilayah Polda Sultra masih dalam rangka Operasi Lilin yang dimulai 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 mendatang.

Menurutnya, pantauan langsung oleh Kapolda Sultra yang menginginkan kesiapan personil dalam mengamankan perayaan hari raya Natal dan tahun baru 2018, sekaligus kesiapan pengamanan pada arus mudik dan balik nantinya.

"Salah satunya di Polres Muna, bapak Kapolda melakukan pengecekkan langsung di geraja GIB Sultra dan Gereja Bethel Raha. Memantau personil melakukan pengamanan di tempat ibadah dan pos pengamanan. Selain itu mengecek kesiapan personil baik dari sarana prasarananya," ujar Agung Ramos.

Untuk diketahui, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto bersama Karo Ops Polda Sultra, Kombes Pol Sunaidi, tiba di Kabupaten Muna sekitar pukul 09.45 Wita menggunakan helikopter. Rombongan yang didampingi Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, Wakapolres, Kompol Yusuf Mars serta para perwira Polres Muna langsung melaksanakan pengecekan kesiapan seluruh personil pengamanan yang disiagakan di tempat ibadah dan pospam.

Selain itu, kedatangan Kapolda Sultra juga disambut oleh Bupati Muna, LM. Rusman Emba bersama Wakilnya Abdul Malik Ditu.


Laporan: Arto Rasyid

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (kiri) yang disambut oleh Bupati Muna, LM. Rusman Emba (kanan). (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations